Impor Jeruk dari China Melonjak - Kompas.com

Impor Jeruk dari China Melonjak

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 15/11/2017, 15:41 WIB
Penyortiran buah jeruk hasil panen di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, untuk selanjutnya dijual ke pedagang.KOMPAS/RIZA FATHONI Penyortiran buah jeruk hasil panen di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, untuk selanjutnya dijual ke pedagang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor Indonesia sebesar 14,19 miliar dollar AS pada Oktober 2017. Angka tersebut meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan bulan sbelumnya.

"Kenaikan impor didukung oleh kenaikan impor migas maupun nonmigas," jelas Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Rabu (15/11/2017).

Suhariyanto menjelaskan, ada beberapa barang konsumsi yang mengalami kenaikan impor cukup besar pada bulan Oktober 2017. Salah satu komoditas tersebut adalah jeruk mandarin dan mentega.

Data BPS memperlihatkan, impor jeruk mandarin pada Januari-Oktober 2017 sebesar 85,6 juta dollar AS. Angka tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan 51,2 juta dollar AS.

Baca juga: Wajib Kandungan Lokal untuk Bendung Produk Impor karena Belanja Online

Sementara itu, impor jeruk pada bulan Oktober 2017 tercatat sebesar 9,9 juta dollar AS. Angka tersebut pun lebih tinggi dibandingkan September 2017 yang tercatat sebesar 4 juta dollar AS.

Perubahan angka impor jeruk pada bulan Oktober 2017 terhadap September 2017 tercatat sebesar 5,90 juta dollar AS atau 147,5 persen. Adapun perubahan angka impor pada Januari-Oktober 2017 terhadap Januari-Oktober 2016 adalah sebesar 34,4 juta dollar AS atau 67,19 persen.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Subdirektorat Impor BPS Rina Dwi Sulastri mengatakan, pihaknya memandang peningkatan impor jeruk dari China disebabkan masa panen di Negeri Tirai Bambu tersebut. Sehingga, pasokan melimpah dan diekspor ke sejumlah negara.

"Karena ada panen besar di sana (China)," kata Rina.

Kompas TV Untuk mengupas soal bagaimana prosedur pembelian senjata di lingkungan TNI dan Polri, lalu apa yang perlu diperhatikan?

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM