Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina dan Bus Sempati Star Kerja Sama Dorong Konsumsi Dexlite

Kompas.com - 16/11/2017, 09:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - April 2016 adalah awal diperkenalkannya bahan bakar minyak terbaru keluaran Pertamina, Dexlite. Dexlite menyasar kendaraan bermesin diesel.

Tercatat sampai hari ini angka penjualannya terus naik. Secara persentase, Dexlite sudah tumbuh 15 persen di Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dari awal tahun.

PT Pertamina (Persero) terus berupaya mendorong konsumsi Dexlite di Sumbagut. PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menggandeng Perusahaan Otomotif (PO) Bus Sempati Star untuk program ini.

Bagi PO Bus Sempati Star, penggunaan Dexlite dapat menjaga mesin supaya tetap awet sehingga memuaskan para penumpang bus dengan rute Medan - Banda Aceh tersebut.

Baca juga : Harga Pertamax, Pertalite, dan Dexlite Naik Rp 300 Per Liter, Ini Alasannya

Sebelumnya, Pertamina dan Sempati Star telah melakukan uji coba performa mesin kendaraan dengan menggunakan satu unit bus yang telah diisi penuh Dexlite lalu menempuh perjalanan sejauh 1.274 kilometer.

Rutenya Medan-Banda Aceh-Medan seminggu, dimulai pada 15 September sampai 21 September 2017 lalu.

Hasilnya, performa mesin kendaraan terasa lebih baik dan suaranya mesin menjadi lebih halus.

Sekadar informasi, Dexlite memiliki kadar Cetane Number sebesar 51 dan Sulfur Content maksimal sebesar 1.200 ppm atau lebih tinggi sehingga menjadi bahan bakar yang aman bagi mesin dan ramah lingkungan.

Baca juga : Pertamina Luncurkan Produk Pertamax Turbo dan Dexlite di Kota Palu

Kerja sama Pertamina dan Sempati Star dimulai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) oleh General Manager Pertamina MOR I, Erry Widiastono dan Direktur Utama PO Bus Sempati Star, Muklis.

"Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dan Bus Sempati Star memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Harapannya, penggunaan Dexlite di semua armada Sempati Star menjadikan mesin lebih baik dan awet sehingga memberikan pelayanan maksimal bagi pelanggannya," kata Erry, Rabu (15/11/2017).

Dia juga berharap akan terjadi pertumbuhan yang lebih baik dalam penjualan Dexlite setelah kerja sama ini. Serta, menjadi pemicu perusahaan bus lain untuk melakukan hal yang sama yaitu beralih ke BBM yang berkualitas.

Kompas TV SPBU Vivo Resmi Kantongi Izin Penyaluran BBM
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com