KKP Serahkan 373 Kapal Perikanan ke Nelayan pada November Ini - Kompas.com

KKP Serahkan 373 Kapal Perikanan ke Nelayan pada November Ini

Kompas.com - 16/11/2017, 12:40 WIB
Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Sjarief Wijaya di Kantor KKP Jakarta, Kamis (16/11/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Sjarief Wijaya di Kantor KKP Jakarta, Kamis (16/11/2017). 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan Perikanan ( KKP) terus menggenjot pemberian bantuan kapal kepada nelayan pada tahun ini. Untuk bulan November KKP akan memberikan 373 kapal kepada nelayan. 

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Wijaya mengatakan, hingga saat ini KKP telah menyerahkan 151 kapal kepada nelayan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dia menargetkan pada tahun ini, KKP dapat memberikan 782 kapal kepada nelayan. 

"Progress sekarang sudah selesai sebanyak 151 kapal. Dan yang sudah cetak kasko 373 kapal, kira-kira akan selesai minggu depan atau akhir November. Jadi 524 selesai akhir November, sisanya 258 kapal selesai pada Desember," ujar Sjarif di Kantor KKP Jakarta, Kamis (16/11/2017). 

Baca juga : KKP Dorong Peningkatan Penjualan Produk Perikanan Berkelanjutan

Sjarif menuturkan, pemberian kapal kepada nelayan tidak hanya sekadar fisik kapalnya saja. Akan tetapi, pemberian kapal kepada nelayan telah lengkap dengan dokumen perizinan.

Adapun tonase kapal yang diberikan ke nelayan berbagai macam. Mulai dari kapal berukuran di bawah 5 gross tonnage (GT) sebanyak 243 unit, kapal 5 GT 384 unit, kapal 10 GT sebanyak 134 unit, kapal 20 GT sebanyak 15 unit dan kapal 30 GT sebanyak 6 unit. 

Sementara, ungkap Sjarif, pengadaan kapal perikanan pada tahun 2017 untuk nelayan memakan biaya sebesar Rp 390 miliar

"Kami tidak ingin mengulang kejadian seperti tahun-tahun sebelumya. Kami punya banyak tim mulai dari tim peneliti kontrak, tim seteksi, tim, data informasi, tim pengurusan dokumen hingga tim penerima hasil pekerjaan. Nah tim pengurusan dokumen ini yang bekerja bersama-sama BKI, Perla dan kantor UPT Perla di daerah menuntaskan dokumen saat kapal selesai dibangun," tutur dia. 

Baca juga : Ada Isu Ikan Sarden Mengandung Logam Beracun, Ini Penjelasan KKP

Sjarif menambahkan, bantuan kapal perikanan ini diserahkan kepada 235 koperasi di 122 kabupaten atau kota yang telah diverifikasi oleh tim seleksi dan dikoordinir Direktorat Kapal dan Alat Penangkapan lkan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP.

"Calon penerima bantuan kapal sudah kami verifikasi, kapal dalam proses pembangunan. Jadi akhir Desember nanti kapal dapat segera didistribusikan karena memang selesai semua pengadaannya pada tahun ini," pungkas dia. 

Kompas TV 16 Kapal Nelayan Hangus Terbakar


EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X