Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bhinneka Lirik Bisnis Perhotelan

Kompas.com - 16/11/2017, 17:30 WIB
Nurandini Alya Sam

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara global maupun regional, gelombang “Shifting” di bidang ekonomi sedang terjadi saat ini. Salah satu dampak terbesarnya adalah berubahnya pola konsumsi atau belanja, maupun aspek-aspek terkait yang semestinya segera diantisipasi para pelaku bisnis.

Seperti yang disampaikan The Nielsen Company dalam rilisnya: “Indonesia Macroeconomy & FMCG Update” akhir Oktober lalu, konsumen Indonesia secara umum telah mengalami pergeseran perilaku dalam menentukan prioritas belanja. Salah satu poin utamanya adalah terkait keputusan atau prioritas dalam berbelanja.

Dalam hal mempergunakan uang yang dimiliki, konsumen kian terfokus pada tiga sektor: kebutuhan dasar keseharian (terutama pangan), kebutuhan masa depan (terutama pendidikan), serta kebutuhan berbasis pengalaman dan kesenangan (terutama gaya hidup dan rekreasi). Peningkatan rata-rata untuk ketiga sektor tersebut mencapai 12 persen dibanding tahun lalu.

Bhinneka (dahulu dikenal sebagai Bhinneka.Com) menangkap dan memaksimalkan peluang ini. Bhinneka juga melayani lini business-to-business (B2B). Salah satu fokus Bhinneka adalah menjaga dan melakukan percepatan pertumbuhan klien korporasi di sektor-sektor yang belum terlalu terjaring sebelumnya, dan di akhir 2017 ini, Bhinneka mulai melirik sektor perhotelan.

Baca juga : 2017, Bhinneka Kembangkan Jaringan Toko Offline

Director of Corporate Sales Bhinneka, Heriyadi mengatakan Bhinneka melihat potensi besar di sektor perhotelan. Dibuktikan dengan peningkatan kebutuhan dari pelaku bisnis di bidang hospitality yang tercatat konsisten dan cukup signifikan, khususnya sepanjang tahun 2017.

Selain menjadi penyedia semua kebutuhan pengadaan bisnis bagi para klien existing, Bhinneka pun terus aktif melakukan kegiatan agar bisa dikenal lebih luas. Salah satunya dengan menggelar “Smart Solution Day” di Bali, yang telah dikenal sebagai sentra bisnis pariwisata Tanah Air, pada 23 November 2017 mendatang.

Telah diketahui bersama, kini tengah terjadi ledakan bisnis perhotelan di beberapa kota besar di Indonesia. Selain di Bali, yang sebagian besar Penghasilan Asli Daerahnya (PAD) disumbang oleh sektor tersebut, disusul pula Bandung, Yogyakarta, Lombok, beberapa kawasan di Sumatera, bahkan hingga ke Papua dengan Raja Ampatnya. Sehingga pengelolaan sistem terkait IT diharapkan bisa menggawangi pelaku bisnis dalam operasionalnya.

Ledakan bisnis perhotelan ini pula tercermin dari pertumbuhan jumlah klien B2B Bhinneka. Sepanjang 2017, mitra bisnis Bhinneka telah meningkat sebesar 70 persem dan bukan mustahil angka ini akan semakin meningkat sesuai dengan gambaran dari The Nielsen Company di atas.

Baca juga : Bhinneka Bisnis, Layanan Online untuk Penyediaan Barang Korporasi

Sementara itu, peningkatan jumlah mitra bisnis Bhinneka dari sektor perhotelan juga sejalan dengan pertumbuhan penyerapan produk. Demi kebutuhan operasional bisnis, terjadi dongkrakan angka pemasaran produk-produk terkait. Mulai dari Server, komputer (Desktop PC, 2-in-1 PC, Mini PC, dan laptop), tablet yang menjadi perpanjangan peranti dalam melayani tamu, dan sebagainya.

“Sesuai dengan kebutuhan di masing-masing sektor, angka serapan untuk produk-produk terkait sangat signifikan," tambah Heriyadi melalui rilis yang diterima Kompas.com.

Semua layanan kemitraan ini, bisa diakses para pelaku bisnis dengan mudah. Semudah membuka laman B2B Bhinneka (bisnis.bhinneka.com), untuk semua keperluan. Termasuk pembelanjaan korporasi yang dilakukan sendiri secara online, konsultasi dengan para Business Consultants di Bhinneka, dan sebagainya.

Kompas TV Persoalan daya beli kelas menengah dan bawah melemah menjadi catatan serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com