Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kian Banyak Peminat Lari untuk Amal

Kompas.com - 20/11/2017, 12:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kegiatan lari untuk amal hingga kini makin menarik banyak peminat. Kegiatan tersebut, sebagaimana keterangan resmi yang diterima Kompas.com dari Dompet Dhuafa dan PTTEP, perusahaan eksplorasi dan produksi minyak bumi nasional Thailand, kemarin, salah satunya berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat mencegah kanker.

Kanker, sebagaimana informasi dari laman depkes.go.id menunjukkan bahwa prevalensi kanker di Indonesia adalah 1,4 per 100 penduduk atau sekitar 347.000 orang. Tercatat sekitar 8,2 juta kematian terjadi karena kanker.

Dari semua kasus kematian akibat kanker, lebih dari 30 persen dipicu oleh faktor risiko perilaku dan pola makan tak sehat, seperti indeks massa tubuh tinggi, kurang mengonsumsi buah dan sayur, kurang aktivitas fisik, dan merokok.

Oleh karena itu sangat penting dilakukan upaya pencegahan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker dengan melakukan akivitas fisik seperti berolah raga lari, berenang, bersepeda dan lainnya.

Rutin melakukan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk mencegah  kanker sedini mungkin. Hal ini yang menjadi salah satu alasan digelarnya Charity Run Fun 2017 pada Car Free Day di Jakarta, kemarin.

Adalah Gerai Sehat Rorotan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-2 menggelar acara ini. Gerai Sehat Rorotan adalah klinik pelayanan kesehatan gratis bagi kaum dhuafa. Klinik ini berdiri dari hasil kerja sama PTTEP dengan Dompet Dhuafa.

"Gerai Sehat Rorotan juga mengajak kita semua untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan ikut serta dalam kegiatan lari berbasis charity,” tutur Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprises Iwan Ridwan.

Seluruh donasi yang terkumpul dari kegiatan ini digunakan untuk kegiatan promosi kesehatan dalam rangka pencegahan kanker di Indonesia.

Kegiatan Charity Run Festival ini juga memberikan penghargaan bagi tiga pelari tercepat untuk masing-masing kategori jarak tempuh. Hadiah jutaan rupiah tersebut, berlaku bagi peserta pria maupun wanita.

General Affair Manager PTTEP, Afiat Djajanegara, memberikan apresiasi atas tingginya respons masyarakat terhadap kegiatan ini. Dari awal sosialisasi pada akhir September hingga awal November 2017, kuota peserta sudah memenuhi target, yakni 1.000 orang. “Ini menandakan animo masyarakat sangat tinggi untuk kegiatan lari bersifat amal,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com