Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Targetkan Ekspor Mebel 2018 Capai 2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 20/11/2017, 16:03 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan nilai ekspor mebel dan kerajinan Indonesia untuk tahun 2018 naik menjadi 2 miliar dollar AS dari target tahun ini yang dipatok 1,04 miliar dollar AS.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenparin, Gati Wibawaningsih menuturkan salah satu upaya untuk mendukung peningkatan ekspor mebel dan kerajinan itu adalah melakukan promosi. Kemudian memberikan bantuan langsung berupa mesin.

"Karena kalau promosi aja, ekspor itu harus ditangani tidak hanya dengan promosi. Harus daya saingnya ditingkatkan," ujarnya seusai peluncuran Omah Mebel dan Kerajinan Koperasi Industri Mebel dan Kerajinana Solo Raya (KIMKAS)" di Solo, Senin (20/11/2017).

Menurut Gati, produktivitas mebel dan kerajinan harus ditingkatkan. Para perajin mebel harus dapat menciptakan inovasi baru agar hasilnya mampu bersaing dengan produk dari negara lain.

Sejauh ini pasar ekspor mebel dan kerajinan Indonesia terbesar selama ini adalah Amerika Serikat.

Sementara itu, Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Solo Raya, Adi Dharma Santoso, menambahkan saat ini pihaknya tengah membidik pasar baru untuk meningkatkan ekspor mebel dan kerajinan di Afrika dan Amerika Selatan.

"Untuk ekspor mebal dan kerajinan dari Solo Raya ke Amerika itu hampir 50 persen. Sisanya ke Eropa, Asia dan Australia," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com