Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Venezuela Meroket 4.115 Persen, Bolivar Semakin Tidak Berharga

Kompas.com - 23/11/2017, 11:30 WIB
Erlangga Djumena

Penulis

Sumber CNNMoney

CARACAS, KOMPAS.com - Bolivar, mata uang Venezuela anjlok hingga 96 persen tahun ini. Bolivar pun kian tidak berharga.

Pada Selasa (21/11/2017), Bolivar melorot ke posisi 84.000 per dollar AS. Setelah pada awal bulan ini satu dollar AS senilai 41.000 bolivar. Padahal seperti dilansir CNNMoney mengutip DolarToday, situs nilai tukar tidak resmi, awal tahun ini hanya butuh 3.100 bolivar untuk membeli 1 dollar AS.

Hal itu membuat harga-harga semakin mahal bagi warga Venezuela. Obat-obatan dan pangan dilaporkan semakin berkurang di seluruh negara.

Menurut Steve Hanke, profesor ekononomi dari Johns Hopkins University AS, inflasi Venezuela mencapai 4.115 persen dibandingkan tahun lalu. Krisis kian memburuk setelah pemerintah gagal membayar utang (default). "Perekonomian Venezuela benar-benar menjadi spiral kematian yang komplet. Hal ini lebih buruk dibanding dua pekan lalu," ucap ahli hiperinflasi itu.

Baca juga: S&P: Venezuela Masuk ke Kondisi Krisis Parah

Namun perusahaan riset Venezuela, Ecoanalitica, memperkirakan harga-harga pada Oktober meroket 1.430 persen dibandingkan tahun lalu. Tarif hotel dan  harga makanan di restoran melonjak 70 persen dibanding bulan lalu.

Kompas TV Di Venezuela negara dimana warganya harus memotong dan menjual rambutnya demi membeli makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNNMoney


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com