Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan Blue Bird pada Hari Penglihatan Sedunia

Kompas.com - 23/11/2017, 17:13 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh pada setiap minggu kedua Oktober punya tujuan untuk memusatkan perhatian global pada ancaman kebutaan dan gangguan penglihatan. Bersama dengan Organisasi PBB untuk Kesehatan Dunia (WHO), Lembaga Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB) mengkoordinasikan Visi Inisiatif Global 2020.

Ada sekitar sembilan pesan kunci dari visi itu seturut laman iapb.org. Pesan-pesan itu antara lain 285 juta orang dunia hidup dalam kemampuan penglihatan yang rendah. Ada juga strategi untuk mencegah kebutaan melalui perawatan kesehatan.

Di samping itu, WHO dan IAPB juga menyebarkan pesan bahwa kebutaan dalam 20 tahun terakhir menurun drastis.

Memanfaatkan momentum itu, perusahaan transportasi Blue Bird menggelar kampanye keamanan berkendara. "Bagian dari kampanye itu adalah aspek kesehatan mata," kata Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono sebagaimana siaran pers yang diterima Kompas.com.

Pada perhelatan yang menggandeng produsen kacamata Essilor tersebut, kedua pihak melakukan pengecekan mata para pengemudi Blue Bird. Tim khusus dari Essilor yang melakukan pengecekan tersebut.

Sementara itu, Country Manager Essilor Indonesia, Peter Pelnis menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penglihatan dalam berkendara. Oleh karena itu,  Essilor Indonesia memberikan kacamata gratis sesuai dengan hasil pemeriksaan mata mereka. "Harapan kami program ini dapat meningkatkan kesadaran keselamatan para pengemudi di jalan raya, khususnya pengemudi Taksi Blue Bird," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com