Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Robert Pakpahan soal Namanya Dicalonkan sebagai Dirjen Pajak

Kompas.com - 29/11/2017, 13:40 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan, mengaku telah mendengar informasi bahwa Presiden Joko Widodo hendak memilih dirinya menempati posisi Direktur Jenderal Pajak yang baru.

Dirjen Pajak saat ini, Ken Dwijugiasteadi, akan mengakhiri masa baktinya dan masuk umur pensiun per 1 Desember 2017 mendatang.

"Itu setiap ketetapan (kewenangan) Presiden, jadi no comment lah. Belum ada keputusan," kata Robert saat ditemui pewarta usai acara Indonesia PPP Day 2017 di gedung Kementerian Keuangan, Rabu (29/11/2017).

Informasi tentang nama Robert yang dicalonkan Presiden Jokowi sebagai pengganti Ken beredar beberapa hari lalu. Berdasarkan pemberitaan di The Jakarta Post, salah satu sumber mereka di lingkungan istana mengungkapkan tentang hal tersebut.

Baca juga : Mengenal Calon Dirjen Pajak Indonesia yang Baru, Robert Pakpahan

Meski begitu, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari Presiden Jokowi soal posisi dirjen pajak yang baru. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga belum mau berkomentar ketika ditanyai perihal topik tersebut, beberapa waktu lalu.

Robert tercatat sudah cukup lama mengabdi di lingkungan Kementerian Keuangan. Berdasarkan laman resmi Kementerian Keuangan di weblama.kemenkeu.go.id, pria kelahiran Tanjung Balai, 20 Oktober 1959 itu sudah meniti karir di dunia keuangan sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak dari tahun 2003 hingga 2005 silam.

Robert juga dipercaya menjadi Direktur Potensi dan Sistem Perpajakan hingga tahun 2006 dan sebagai Direktur Transformasi Proses Bisnis.

Dia pun pernah mengemban tugas Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara pada tahun 2011 hingga dilantik menjadi Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan per 27 November 2013.

Baca juga : Robert Pakpahan Calon Dirjen Pajak, Apa Penjelasan Sri Mulyani?

Bersamaan dengan penyempurnaan sistem organisasi di Kementerian Keuangan, Robert kembali dilantik pada 19 Maret 2015 sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko sampai hari ini.

Mengenai riwayat akademik, Robert tercatat menempuh pendidikan Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tahun 1981. Dia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil Diploma IV di STAN dari tahun 1985 hingga 1987. 

Untuk pendidikan tingginya, Robert telah meraih gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina at Chapel Hill, USA, tahun 1998.

Kompas TV Nama Robert Pakpahan mengemuka menjadi kandidat dirjen pajak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com