Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Masyarakat Sekarang Belanja Pengalaman, Bukan Barang

Kompas.com - 29/11/2017, 14:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com — Presiden  Joko Widodo mengatakan, di era digital ini terjadi banyak pergeseran di masyarakat, mulai dari pola konsumsi hingga gengsi yang sudah bukan berwujud barang.

Konsumsi masyarakat saat ini beralih jadi konsumsi pengalaman. Status gengsi seseorang pun bukan lagi persoalan memiliki barang mewah, tapi pengalaman dan petualangan apa saja yang pernah dia jalani.

"Pola konsumsi masyarakat sekarang sudah bergeser, dari belanja barang ke belanja pengalaman, wisata, hiburan," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam acara Kompas 100 CEO Forum di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Baca juga: Jokowi: Ekonomi Digital Bikin Peluang Bisnis Daerah Membesar

"Sekarang, di media sosial, menentukan status bergengsi bukan lagi barang mewah. Yang menentukan itu pengalaman, petualangan yang di-upload," imbuhnya.

Jokowi menambahkan, indikator perubahan itu juga terlihat dari tingginya pertumbuhan konsumsi restoran dan hotel yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Pertumbuhan konsumsi rumah tangga hanya sekitar 4,95 persen, sementara itu konsumsi hotel dan restoran mencapai 5,7 persen.

Perubahan tersebut, menurut Jokowi, harus direspons dengan cepat, baik oleh pengusaha maupun pemerintah.

Dari sisi pemerintah, menurut Jokowi, saat ini sedang dibangun Palapa Ring yang merupakan jaringan kabel serat optik untuk digunakan sebagai tulang punggung layanan telekomunikasi.

Baca juga: BNI Pimpin Sindikasi Proyek Palapa Ring Paket Timur Rp 4 Triliun

Palapa Ring dibangun hingga ke daerah pelosok dan perbatasan agar masyarakat yang ada di sana bisa merasakan internet dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, pemerintah juga telah memperbaiki sejumlah infrastruktur di daerah. Beberapa di antaranya memperbaiki bandara Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan Silangit, Toba di Sumatera Utara.

"Infrastruktur di daerah dan proses membangunnya sekarang ada yang selesai dan belum selesai. Nanti akan terus dikembangkan agar daerah makin murah dan mudah dijangkau,"  ujar Jokowi.

Kompas TV Teknologi informatika mengubah cara belanja konsumen ritel menjadi lebih efisien

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com