Jokowi: Milenial itu Nggak Sabar Duduk Terus di Kantor - Kompas.com

Jokowi: Milenial itu Nggak Sabar Duduk Terus di Kantor

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 29/11/2017, 14:30 WIB
Presiden Jokowi saat berada di gang masuk tak jauh dari kediamannya, Senin (6/11/2017).KOMPAS.com/Labib Zamani Presiden Jokowi saat berada di gang masuk tak jauh dari kediamannya, Senin (6/11/2017).

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ( Jokowi) mengatakan bahwa selain sola pola konsumsi, saat ini juga terlihat adanya pergeseran pola kerja di masyarakat, terutama kaum milenial.

Hal ini terutama terlihat dari makin banyaknya perusahaan co-working space yang menyediakan ruang kerja on-demand dan makin digitalnya gaya hidup masyarakat.

"Pergeseran bukan cuma dalam pola konsumsi, sekarang juga terlihat dalam hal pekerjaan," terang Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum di Rafles Hotel, Rabu (20/11/2017).

" Milenial itu nggak sabar duduk terus-terusan di satu kantor. Apalagi milenial kelas tinggi yang disebut juga knowledge worker. Pola seperti ini yang dinamakan digital lifestyle," imbuhnya.

Baca juga : Generasi Milenial, Pilih Liburan atau Beli Properti?

Menurut Jokowi, para milenial cerdas itu cenderung memilih bekerja secara mobile atau dari jarak jauh. Contohnya dengan cara bekerja di cafe atau berbagai kantor on-demand (co-working space).

Untuk diketahui, co-working space atau tempat kerja on-demand sendiri mulai menjamur dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi seiring semaraknya fenomena startup.

Di tempat kerja ini, orang-orang bisa menggunakan fasilitas layaknya kantor, seperti meja, komputer, koneksi internet, printer, dan kebutuhan lainnya dengan membayar biaya per jam atau sesuai kebutuhan.

Kompas TV Riset jobplanet menunjukkan, generasi milenial memiliki tingkat kesetiaan yang lebih rendah dibanding generasi sebelumnya.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM