Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Indonesia Bisa Diuntungkan dengan Kondisi Ekonomi Dunia

Kompas.com - 29/11/2017, 19:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan optimismenya pada kondisi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2018 mendatang. Diproyeksikan, pertumbuhan ekonomi dunia mencapai 3,6 persen.

Salah satu motor pertumbuhan ekonomi global adalah peningkatan volume perdagangan dunia dan harga komoditas yang menunjukkan perbaikan. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Indonesia.

"Volume dan transaksi perdagangan antarnegara mulai pulih," kata Sri pada acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Sri pun menjelaskan, pada tahun depan, volume perdagangan dunia bisa meningkat hingga dua kali lipat. Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut serta dalam menggenjot perdagangan dunia melalui ekspor.

Baca juga : Menurut Sri Mulyani, Ini Risiko Utama Perekonomian Dunia

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia pun dapat terakselerasi. Pada tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan mencapai kisaran 5,1 hingga 5,5 persen.

"Kita sebagai negara ekonomi yang cukup mengandalkan mesin pertumbuhan ekonomi ekspor akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pertumbuhan, didorong mesin pertumbuhan ekspor," jelas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) pun menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi global meningkat secara gradual. Ini akan diikuti oleh pertumbuhan harga komoditas dengan pola yang serupa.

"Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan meningkat secara gradual pada tahun-tahun mendatang," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com