Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekayaan Pendiri Amazon Merosot, Mengapa?

Kompas.com - 30/11/2017, 11:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com - Kekayaan pendiri Amazon Jeff Bezos sempat menyentuh 100 miliar dollar AS untuk pertama kalinya pada awal pekan ini. Peningkatan kekayaan Bezos sejalan dengan menguatnya saham Amazon secara signifikan.

Namun, ternyata hal itu tidak bertahan lama. Sebab pada Rabu (29/11/2017) waktu setempat, kekayaan Bezos merosot 2,2 miliar dollar AS menjadi 98 miliar dollar AS lantaran saham Amazon anjlok lebih dari 2 persen.

Mengutip Forbes, Kamis (30/11/2017), karena Bezos memiliki lebih dari 16 persen saham Amazon, maka sedikit saja fluktuasi saham raksasa internet tersebut dapat berdampak besar pada jumlah kekayaan Bezos. Akan tetapi, ia tetap menjadi orang terkaya di dunia dengan marjin 8,6 miliar dollar AS.

Baca juga : Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai 1,1 Miliar Dollar AS

Orang terkaya kedua di dunia saat ini adalah pendiri Microsoft Bill Gates yang memiliki kekayaan 89,4 miliar dollar AS. Gates sudah 23 tahun berada pada daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Pada 27 Oktober 2017, Bezos menyalip Gates hingga hari ini. Tiga bulan sebelummya, Bezos sempat menyalip Gates, namun turun ke peringkat kedua setelah 4 jam.

Sepanjang tahun ini, saham Amazon sudah menguat hampir 60 persen. Ini membuat kekayaan Bezos bertambah 33,1 miliar dollar AS dan kekayaannya naik lebih dari dua kali lipat sejak Forbes merilis daftar miliarder 2016 pada Maret 2016 silam.

Baca juga : Jadi Orang Terkaya di Dunia, Jeff Bezos Tak Pamer Kekayaan

Pada saat itu, kekayaan Bezos mencapai 45,2 miliar dollar AS. Ia pun untuk pertama kalinya masuk daftar 10 orang terkaya di dunia.

Bezos lulus dari Princeton University, kemudian bekerja di hedge fund DE Shaw. Ia kemudian memilih untuk keluar dari institusi keuangan tersebut untuk mendirikan toko buku daring dari garasi di Seattle pada tahun 1994, cikal bakal Amazon.

Kompas TV Amazon & Apple Ikut Berebut Hak Distribusi Film “Bond”


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com