Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Kucurkan Pinjaman Rp 350 Miliar untuk Pelindo I

Kompas.com - 30/11/2017, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menawarkan pinjaman transaksi khusus sebesar Rp 350 miliar kepada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero). Pinjaman ini untuk pembiayaan belanja modal (capital expediture) Pelindo I.

Senior EVP Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan, pinjaman tersebut nantinya akan menjadi bagian dari kredit sindikasi yang rencananya disalurkan sejumlah bank BUMN.

"Kami berharap dukungan ini dapat membantu Pelindo I dalam melaksanakan peran strategis memastikan konektivitas di wilayah Indonesia bagian Barat," jelas Alexandra dalam pernyataannya, Kamis (30/11/2017).

Baca juga : Dirut Bank Mandiri: Gerai Ritel Berguguran Bukan akibat Pelemahan Daya Beli

Sebelumnya, Bank Mandiri sudah memberikan komitmen kredit kepada Pelindo I group sebesar Rp 2 triliun.

Bank Mandiri berkomitmen untuk terus membangun sektor kepelabuhanan sebagai dukungan pada percepatan pembangunan infrastruktur kelautan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Khusus untuk sektor kepelabuhanan, Bank Mandiri telah menyalurkan komitmen pembiayaan hingga Rp 7,6 triliun kepada Pelindo I, II, III, dan IV hingga Oktober 2017. Adapun realisasi pencairan sebesar Rp 2 triliun.

Baca juga : Pelindo I Tambah Investasi di Terminal Petikemas Belawan

Saat ini, sinergi antara Pelindo I dan Bank Mandiri juga telah direalisasikan dalam pemanfaatan fitur host-to-host, auto collection, dan bill payment untuk penerimaan penggunaan jasa pelabuhan di wilayah kerja Pelindo I.

"Pemanfaatan fitur tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan optimalisasi penerimaan pendapatan Pelindo I sehingga dapat lebih dimanfaatkan untuk ekspansi perusahaan," tutur Alexandra.

Kompas TV Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara Sumatera Utara sudah mencapai sembilan puluh dua persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com