Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Emas Secara Online - Kompas.com

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Emas Secara Online

Kompas.com - 30/11/2017, 18:46 WIB
Ilustrasi: Logam MuliaKONTAN/MURADI Ilustrasi: Logam Mulia

KOMPAS.com - Emas sejauh ini masih menjadi salah satu instrument investasi favorit orang Indonesia, selain properti dan investasi. Emas dinilai sebagai investasi yang cukup ampuh untuk melawan laju inflasi.

Selain itu, sifat emas yang likuid membuatnya mudah diuangkan lagi manakala kita membutuhkan dana tunai saat kondisi darurat.

Nah, di era perkembangan internet dan jual beli serba online seperti saat ini, pilihan kanal untuk investasi emas semakin gampang.

Banyak platform atau aplikasi pembelian emas secara online. Platform e-commerce sudah banyak yang membuka kanal pembelian emas online.

Baca juga : Kena Pajak Penghasilan, Terlambatkah Berinvestasi Emas Sekarang?

 

Sebut saja seperti BukaEmas di Bukalapak, aplikasi e-Mas, Gold Gram, dan lain sebagainya. Ada pula yang menawarkan pembelian emas dengan cara mencicil rutin tiap bulan seperti yang disediakan oleh Pegadaian atau bank-bank syariah.

Kelebihan aplikasi pembelian emas online adalah kepraktisan transaksi. Pembeli tidak harus datang ke toko secara fisik.

Selain itu, kebanyakan aplikasi emas online juga menawarkan harga beli lebih murah. Pasalnya, emas yang dijual tidak langsung dicetak dalam bentuk emas fisik.

Bila pembeli hendak mencetak emas tersebut, ada biaya cetak lagi dan minimal jumlah emas.

Kelebihan lain, pembelian emas melalui kanal online memungkinkan seseorang berinvestasi emas dengan modal lebih terjangkau. Pembelian bisa di bawah 1 gram pun dilayani.

Nah, bila Anda kini tengah menimbang untuk membeli emas melalui jalur online, ada baiknya Anda perhatikan dulu hal-hal penting dari HaloMoney.co.id berikut ini:

1.Kredibilitas penjual

Membeli emas melalui platform online dalam bentuk emas digital atau emas virtual berarti Anda tidak langsung memegang fisik emas. Emas fisik baru bisa Anda pegang apabila memenuhi jumlah tertentu atau bila Anda telah membayar biaya cetak.

Maka itu, pastikan terlebih dulu kredibilitas penjual yang menyediakan platform online tersebut.

Pikirkan skenario terburuk yang bisa terjadi, mulai dari si penjual bangkrut atau si penjual tiba-tiba menghilang.

Bila hal itu sampai terjadi, bagaimana nasib emas virtual Anda? Emas belum sempat dicetak tapi si penjual keburu menghilang, kerugian pun bisa terjadi.

Solusinya, pastikan Anda membeli emas online di penjual yang tepercaya dan targetkan untuk targetkan untuk mencetak emas virtual Anda secara rutin bila sudah mencapai jumlah tertentu. Misalnya, setiap terkumpul 10 gram, Anda cetak emas dan menyimpannya sendiri.

2.Jaminan keamanan

Platform online memang praktis. Namun, bukan berarti tidak ada risiko yang mengintai. Kanal online memiliki risiko diretas atau dibobol oleh hacker.

Pastikan untuk memilih platform emas online yang memiliki tingkat keamanan ketat sehingga sulit ditembus oleh peretas tidak bertanggung jawab.

Misalnya, pilih platform yang memiliki verifikasi berlapis untuk konfirmasi transaksi beli ataupun jual, paling tidak seperti sistem perbankan.

Sebagai contoh, ada notifikasi transaksi melalui SMS dan email, ada keharusan memasukkan PIN atau kode aktivasi, dan lain sebagainya.

3.Harga dan biaya

Platform emas online menawarkan harga yang beragam untuk pembelian emas. Ada yang harganya berfluktuasi mengikuti pergerakan harga emas dunia, ada juga yang sudah dipatok di harga tertentu yang berlaku selama setahun.

Ambil contoh, untuk platform emas online yang disediakan oleh PT Aneka Tambang Tbk yaitu melalui produk Brankas LM, harga beli emas dipatok Rp 583.202 per gram per 21 November 2017.

Sedangkan Gold Gram, mematok harga beli Rp 473.000 per gram. Kesemua harga itu di luar biaya cetak. Semakin murah harga beli tentu bisa menguntungkan bagi investor.

Hanya, tetap pertimbangkan pula sisi lain seperti keamanan dana dan kredibilitas penjual.

Cek juga biaya-biaya lain seperti biaya cetak emas, biaya administrasi bulanan, biaya titip emas, dan lain sebagainya. Semakin ekonomis, bisa semakin menguntungkan.

4.Kemudahan cetak emas fisik

Ciri umum platform emas online adalah ketika Anda membeli emas, yang Anda beli adalah emas dalam bentuk virtual. Emas fisik baru bisa Anda pegang bila Anda melakukan order cetak dengan menambah biaya cetak.

Nah, sebelum memutuskan berinvestasi emas melalui platform online, Anda perlu memastikan apa dan bagaimana syarat atau proses cetak emas.

Ada platform emas online yang membutuhkan waktu 7 hari untuk proses cetak, ada pula yang cukup 3 hari langsung bisa dikirimkan emas fisiknya. Ada juga yang sampai berbulan-bulan baru bisa mendapatkan emas cetak miliknya.

Semakin mudah mendapatkan emas fisik, tentu semakin baik. Jangan sampai terjadi saat Anda ingin mencetak emas, justru mendapatkan kesulitan sehingga mengganggu tujuan keuangan Anda.

Kompas TV Beli Emas Kena Pajak Penghasilan

EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM