6 Alasan Galang Dana Crowdfunding untuk Usaha Itu Sebuah Solusi - Kompas.com

6 Alasan Galang Dana Crowdfunding untuk Usaha Itu Sebuah Solusi

Kompas.com - 05/12/2017, 14:00 WIB
Ilustrasi uangSHUTTERSTOCK Ilustrasi uang

KOMPAS.com - Crowdfunding sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi di masyarakat. Namun memang masih ada beberapa orang yang kurang memahami sistem ini. Meskipun sudah banyak website crowdfunding yang cukup populer.

Crowdfunding merupakan praktik pendanaan usaha maupun proyek yang mana dilakukan dengan cara mengumpulkan sejumlah uang dari berbagai orang.

Dibandingkan dengan investor tradisional, kampanye melalui crowdfunding ini didanai langsung oleh masyarakat umum. Mulai dari teman, kerabat, rekan kerja, hingga siapapun yang memang terhubungkan dengan ide-ide Anda tersebut.

Meskipun bukanlah hal baru dalam bidang teknologi, namun crowdfunding memang salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin meluncurkan produk-produk usaha.

Berikut ini beberapa alasan mengapa galang dana atau crowdfunding direkomendasikan untuk modal usaha.

1.Free Money, tapi Tidak Memiliki Ikatan yang Melekat

Alasan ini sudah cukup jelas dan layak untuk diketahui banyak orang. Crowdfunding memang benar-benar gratis, namun tidak seperti mengambil dana bebas dari investor.

Yang dimaksud dengan free money pada crowdfunding adalah tidak adanya ikatan yang melekat di dalamnya. Modal investasi yang ada memang akan tampak seperti uang gratis, tapi ingat itu untuk modal usaha.

2.Pendukung dan Pendengar akan Tumbuh

Di satu sisi Anda membutuhkan dana untuk mengembangkan produk-produk yang dimiliki. Namun di sisi lainnya Anda tentunya akan membutuhkan komunitas orang-orang yang memang akan benar-benar membelinya.

Untuk mencapai kedua hal ini biasanya akan membutuhkan biaya untuk mencapainya. Melalui crowdfunding, Anda bisa mendapatkan keduanya secara gratis tanpa biaya sedikitpun.

Kampanye melalui crowdfunding yang memang dijalankan dengan baik akan memungkinkan kedua hal tersebut dapat dicapai.

Anda tidak hanya dapat mengumpulkan uang yang digunakan untuk pengembangan usaha melalui komunitas pendukung ini, akan tetapi juga dapat memasarkan produk-produk Anda.

3.Membangun Audiens yang Benar-Benar Peduli

Tumbuh dan terlibat bersama audiens memang menjadi kesulitan akhir-akhir ini. Membangun orang yang benar-benar peduli pada ide-ide yang Anda miliki bukanlah hal yang mudah. Namun melalui crowdfunding, semua hal tersebut dapat terpecahkan.

Anda bisa mendapatkan banyak orang yang bisa menjanjikan dana untuk produk-produk yang dimiliki, bahkan sebelum mereka dapat melihat dan percaya dengan apa yang dilakukan.

Ada 2000 komunitas yang memang akan benar benar peduli, dan ini lah yang lebih berharga dibandingkan dengan 30 juta akun palsu yang ada di Facebook.

4.Dapat Mengendalikan “Takdir” Anda Sendiri

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk dapat memengaruhi keputusan investor-investor yang ada. Meskipun itu berarti Anda bisa dengan bebas merampas semua agen untuk bisa meningkatkan modal dari penggalangan dana.

Meskipun begitu, crowdfunding memang menjadi hal yang tren akhir-akhir ini. Namun crowdfunding sama hal nya dengan seni, Anda harus memiliki produk-produk yang inovatif yang mana dapat menarik perhatian dari para pendukung yang ada.

Namun di luar hal tersebut, ada langkah nyata yang dapat dilakukan agar dapat mengatur serta memasarkan usaha Anda, dalam artian Anda bisa mengatur sendiri kesuksesan dari kampanye.

Jika dapat mempelajari mekanisme dari kampanye crowdfunding, Anda bisa menjalankannya dengan baik. Bahkan sangat mudah untuk mengendalikan kesuksesan dalam berkampanye melalui crowdfunding.

5.Bersifat Terbuka

Salah satu kebijakan yang cukup penting dalam crowdfunding dan paling sering terabaikan adalah crowdfunding adalah platform yang terbuka. Membangun audience melalui Facebook memang masih mungkin dapat dilakukan, namun tentu saja akan membuat Anda mengeluarkan banyak biaya.

Tempat-tempat lainnya seperti Twitter, Instagram, Snapchat, dan lainnya semakin ramai setiap hari. Jika semakin banyak jaringan sosial, tentu saja akan banyak pula uang yang dikeluarkan.

Masalah ini juga mungkin bisa Anda temukan dalam jaringan crowdfunding, hanya saja dalam sebagian besar kasus pembangunan crowdfunding memang diperuntukan secara terbuka dan untuk siapapun yang memiliki gagasan-gagasan inovatif.

Jika produk yang Anda miliki dapat memiliki manfaat yang penting serta dapat dikomunikasikan secara efektif maka tentu saja membuat banyak orang tertarik pada hal tersebut. Tidak masalah apakah perusahaan yang dimiliki merupakan skala besar ataupun kecil.

Tidak Ada Salahnya Mencoba Crowdfounding

Crowdfunding memang bukanlah hal yang baru dalam bidang teknologi, namun masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai mekanisme dari platform ini.

Untuk itu tidak ada salahnya mempelajari lebih lanjut. Bahkan Anda bisa mencoba bertanya kepada orang-orang yang sudah pernah menggunakan sebelumnya.

Kompas TV Pesawat R80 karya B.J. Habibie akan dibiayai dengan skema crowdfunding.

EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM