Holding Migas Demi Pemerataan Pembangunan Pipa Gas di Tanah Air - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kominfo

Holding Migas Demi Pemerataan Pembangunan Pipa Gas di Tanah Air

Kurniasih Budi
Kompas.com - 06/12/2017, 13:31 WIB
PT PGN (Persero) Tbk mencatat laba Rp 670 miliar pada semester I 2017 PT PGN (Persero) Tbk mencatat laba Rp 670 miliar pada semester I 2017


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membentuk perusahaan induk (holding) badan usaha milik negara BUMN sektor minyak dan gas (Migas). Tujuan pembentukan perusahaan induk tersebut yaitu membangun pipa gas secara merata di seluruh Indonesia.

Setelah sinergi perusahaan pertambangan, pemerintah akan membentuk holding sektor migas. Dengan adanya sinergi antara Pertagas, PGN, pemerintah meyakini banyak sekali efisiensi yang bisa dilakukan.

"Salah satu contohnya, kita tidak perlu membangun ruas pipa secara bersamaan antara dua perusahaan anggota. Sebab itu sangat tidak efektif dari segi anggaran," kata Staf Khusus Menteri BUMN Wianda Pusponegoro, dalam Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Mengapa Perlu Holding BUMN?" di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Selasa (5/12/2017).

Baca: Holding BUMN Tingkatkan Daya Saing Nasional

Dari segi penugasan, Wianda mengatakan, holding juga akan sangat menguntungkan. Rencananya, pemerintah menunjuk Pertamina sebagai induk perusahaan. "Demikian juga dari sisi perizinan atau pembebasan lahan tidak mengalami kendala yang cukup banyak," ujarnya.

Dengan itulah, ia menambahkan, kelak langkah dan strategi akan difokuskan pada bagaimana pipa gas bisa terbangun secara merata. Selain itu, tidak diperlukan untuk mencari sumber-sumber gas.

"Selain tentunya, lapangan gas yang selama ini tidak bisa dieskpolitasi, bisa dikembangkan. Karena (melalui holding) dari PGN bisa masuk dan Pertamina bisa bertugas sebagai penyedia gasnya. Jadi banyak sekali benefit dan efisiensi yang terjadi (dengan adanya holding)," katanya.

Sementara, PGN yang sangat mumpuni dengan pendistribusian telah memiliki jaringan gas yang cukup banyak di Indonesia.

 PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berkomitmen mendukung penggunaan gas bumi yang bersih dan hemat. PGN membagikan konverter kit untuk kendaraan umum dan mobil dinas Pemerintah Lampung, Rabu (16/8/2017). PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berkomitmen mendukung penggunaan gas bumi yang bersih dan hemat. PGN membagikan konverter kit untuk kendaraan umum dan mobil dinas Pemerintah Lampung, Rabu (16/8/2017).

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN)  mendukung rencana pemerintah untuk membentuk holding BUMN.

"Kami berkeyakinan pembentukan holding BUMN dalam upaya melakukan konsolidasi pengelolaan gas bumi akan memberikan banyak manfaat bagi negara dan masyarakat banyak," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, Rabu (6/12/2017).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKurniasih Budi
EditorKurniasih Budi
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM