BTPN: Agen Laku Pandai Itu Harus "Happy" - Kompas.com

BTPN: Agen Laku Pandai Itu Harus "Happy"

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 06/12/2017, 22:12 WIB
Sales Management Head PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) Wow, Mohammad Reza Rizal saat mengunjungi salah satu agen laku pandai di Binjai, Medan Sumatera Utara, Rabu (6/12/2017).KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Sales Management Head PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) Wow, Mohammad Reza Rizal saat mengunjungi salah satu agen laku pandai di Binjai, Medan Sumatera Utara, Rabu (6/12/2017).

MEDAN, KOMPAS.com - Pada tahun 2018 mendatang, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk ( BTPN) akan meningatkan kualitas agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif atau Laku Pandai.

Sales Management Head BTPN Wow, Mohammad Reza Rizal mengatakan, peningkatan kualitas agen laku pandai dilakukan dengan cara meningkatkan pendapatan agen.

"2018 fokus meningkatkan pendapatan agen. Agen itu harus happy, agen itu harus merasakan manfaatnya dari sebagai agen BTPN Wow," ujar Reza saat mengunjungi salah satu agen laku pandai di Binjai, Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/12/2017).

Reza mengungkapkan, peningkatan kualitas dilakukan dengan mendorong agen mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi dari varian produk atau bisnis dari BTPN Wow.

Baca juga: Bankir: Sinyal dan Listrik Jadi Kendala Ekspansi Agen Laku Pandai

"Kami kembangkan additional bisnis buat agen. Jadi kami membuat bisnis-bisnis baru buat agen, misalnya agen kami bisa jadi agen e-commerce, agen kami bisa jadi agen jual asuransi, ini contohnya, sehingga agen kami itu bisa dapat tambahan diluar transaksi BTPN Wow," kata Reza.

Menurut dia, peningkatan pendapatan agen akan memberikan dampak pada semangat dan motivasi agen dalam mengedukasi masyarakat mengenai layanan perbankan.

Hal ini seiring dengan program pemerintah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di pedesaan.

"Secara tidak langsung akan terus termotivasi langsung untuk mengedukasi, karena ini kan ujungnya edukasi dan ujung tombak edukasi itu ada di agen dan agen itu perlu kita memotivasi motivasinya dari apa? Ya dari itu insentif," katanya.

Hingga saat ini, berdasarkan data dari BTPN, jumlah agen laku pandai BTPN sudah mencapai 200.000 agen di seluruh Indonesia.

"200.000 itu sudah cukup banyak tinggal kualitasnya, pasti akan nambah tapi tidak akan se-signifikan yang kami jalankan pada 3 tahun pertama, karena kami ingin menaikkan kualitasnya," sebut dia.

Namun demikian, Reza belum menyebutkan lebih lanjut terkait penambahan jumlah agen laku pandai BTPN Wow pada 2018 mendatang, sebab, saat ini perseroan masih dalam penyusunan budgeting tahun 2018.

"Minggu depan baru budgeting 2018 dan saat ini belum ada angka final proyeksinya," ucap dia.

Dari data OJK, hingga saat ini telah terdapat 23 bank penyelenggara Laku Pandai dengan total agen sebanyak 428.852 agen di seluruh Indonesia.

Jumlah rekening yang telah dibuka melalui program ini mencapai 11,8 juta rekening dengan nominal mencapai Rp 1,3 triliun.

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM