Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Jack Ma dan Ma Huateng, Ini Orang Terkaya di China

Kompas.com - 07/12/2017, 07:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Forbes telah merilis daftar orang terkaya di dunia untuk tahun 2017 ini. Daftar tersebut memuat data mengenai orang-orang terkaya dari seluruh negara di dunia.

China dipandang memiliki jumlah miliarder yang terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya sektor teknologi di China yang melahirkan konglomerat-konglomerat yang sukses mengembangkan raksasa internet.

Tahun ini, CEO dan pendiri Alibaba Jack Ma tidak berada pada peringkat teratas daftar orang paling tajir di China, bukan pula Ma Huateng, pendiri dan CEO Tencent. Lalu, siapa yang dinobatkan sebagai orang paling kaya di China?

Mengutip Forbes, Kamis (7/12/2017), berikut ini adalah 5 orang terkaya di Negeri Tirai Bambu. Simak selengkapnya.

Baca juga: Liburan Ala Menteri Susi hingga Wanita Terkaya se-Indonesia, 5 Berita Populer Ekonomi

1. Wang Jianlin (63 tahun)
Wang menempati peringkat 16 orang terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan mencapai 31,3 miliar dollar AS. Ia adalah konglomerat real estate Dalian Wanda Group, perusahaan properti terbesar di China dan operator bioskop terbesar di dunia.

2. Jack Ma (53 tahun)
Siapa tak kenal Jack Ma, pendiri dan CEO raksasa e-commerce Alibaba Group? Ia menempati peringkat 23 daftar orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 28,3 miliar dollar AS.

3. Ma Huateng (46 tahun)
Ma Huateng atau Pony Ma adalah orang terkaya nomor 31 dunia, dengan kekayaan mencapai 24,9 miliar dollar AS. Ia adalah pendiri dan CEO raksasa teknologi China Tencent, yang juga adalah perusahaan paling bernilai tinggi di Asia.

4. William Ding (46 tahun)
Ding Lei atau yang lebih dikenal dengan nama William Ding, menempati peringkat ke-52 daftar orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 17,3 miliar dollar AS. Ia merupakan pendiri dan CEO 163.com (NetEase) dan berkontribusi besar terhadap perkembangan jaringan komputer di China.

Baca juga: Inilah 10 Orang Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

5. Wang Wei (47 tahun)
Wang Wei berada di peringkat 60 daftar orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 15,9 miliar dollar AS. Wei, yang lahir tahun 1971 di Shanghai, merupakan pendiri SF Express, perusahaan pengiriman barang terbesar di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com