Beriklan di Media Cetak Masih Menarik - Kompas.com

Beriklan di Media Cetak Masih Menarik

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 07/12/2017, 13:03 WIB
Ilustrasi iklanshutterstock.com Ilustrasi iklan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan berkembangnya teknologi dan portal berita daring, media cetak masih memiliki pembaca setianya dan tidak terkecuali pendapatan iklan. Saat ini media cetak memiliki penetrasi 8 persen dan dibaca oleh 4,5 juta orang di Indonesia.

Hal ini berdasarkan hasil survei Nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal III 2017. Survei tersebut dilakukan di 11 kota dengan 17.000 responden.

Alasan utama para pembaca masih memilih koran adalah karena nilai beritanya yang dapat dipercaya. Elemen kepercayaan terhadap konten tentu berpengaruh terhadap iklan yang ada di dalamnya.

"Sehingga keberadaan koran sebagai media beriklan sangat penting untuk produk yang mengutamakan unsur trust misalnya produk perbankan dan asuransi,” ujar Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Nielsen Media dalam pernyataan resmi, Kamis (7/12/2017).

Baca juga : Semester I 2017 Belanja Iklan E-Commerce Naik, Rokok Turun

Dilihat dari sisi belanja iklan, meskipun jumlah pendapatan belanja iklan turun 11 persen dari tahun 2013 ke tahun 2017, namun total pendapatan iklan koran tercatat sebesar Rp 21 triliun. Nielsen memandang, ini adalah gambaran media cetak masih memiliki peluang mendapatkan kue iklan yang signifikan.

Jika dibandingkan porsi belanja iklan di media cetak dan media televisi, kategori hotel dan restoran masih banyak beriklan di media cetak dengan porsi 97 persen, diikuti kategori kesehatan dan pengobatan serta kategori toko atau toko spesialis masing-masing memiliki porsi iklan yang tinggi di media cetak dengan 95 persen serta kategori institusi pendidikan formal (89 persen).

Adapun porsi iklan di media cetak untuk kategori multivitamin dan suplemen adalah 18 persen, dan kategori perangkat dan layanan komunikasi masih di angka 12 persen.

"Artinya pelaku media cetak masih memiliki peluang untuk memikat pengiklan dari kedua kategori ini," sebut Hellen.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM