BCA Telah Sosialisasi ke "Merchant" soal Penyesuaian Biaya Transaksi EDC - Kompas.com

BCA Telah Sosialisasi ke "Merchant" soal Penyesuaian Biaya Transaksi EDC

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 07/12/2017, 15:52 WIB
Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso Liem (kiri) dan Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra dalam media briefing di Jakarta, Kamis (7/12/2017).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso Liem (kiri) dan Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra dalam media briefing di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya transaksi pembayaran dengan kartu debit melalui mesin electronic data capture ( EDC) telah diturunkan menjadi 1 persen. Sebelumnya, biaya yang disebut dengan Merchant Discount Rate (MDR) berkisar antara 2-3 persen.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso Liem menjelaskan, biaya MDR hanya dikenakan kepada merchant atau pedagang. Dengan demikian, konsumen tidak dikenakan biaya apapun.

MDR untuk transaksi on us ditetapkan sebesar 0,15 persen. Transaksi on us maksudnya adalah transaksi kartu debit bank A menggunakan mesin EDC bank A pula. Sementara itu, transaksi off us dikenakan MDR sebesar maksimal 1 persen, namun dibedakan berdasarkan lini industrinya.

Untuk industri ritel sebesar 1 persen, transaksi di pom bensin sebesar 0,5 persen, pendidikan 0,75 persen. Adapun transaksi untuk hal yang terkait pemerintah, termasuk di dalamnya adalah bantuan sosial (bansos) nontunai adalah 0 persen.

Santoso menjelaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada merchant sebelum kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) diluncurkan pada awal pekan ini. Sosialisasi, diakui Santoso, sudah dilakukan sejak 2 bulan sebelumnya.

"Sosialisasi dan edukasi sudah kami lakukan ke merchant," kata Santoso dalam media briefing di Grand Indonesia Shopping Town, Kamis (7/12/2017).

Santoso menjelaskan, sosialisasi sudah dilakukan melalui surat yang dikirim ke merchant. Di samping itu, sosialisasi juga dilakukan secara langsung untuk merchant-merchant besar.

Menurut Santoso, saat ini BCA bekerja sama dengan sekira 300.000 merchant. Adapun mesin EDC yang dimiliki BCA mencapai kisaran 450.000.

Aturan mengenai skema harga MDR tersebut tertuang dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 19/10/PADG/2017 tanggal 20 September 2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional/National Payment Gateway (PADG GPN).

PADG GPN merupakan aturan pelaksanaan dari Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/8/PBI/2017 tentang GPN.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorBambang Priyo Jatmiko

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM