Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru, Semua Bahan Pokok Dipastikan Tersedia di Daerah

Kompas.com - 07/12/2017, 16:04 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin ketersediaan semua jenis bahan pokok menjelang Hari Raya Natal 2017 dan libur Tahun Baru 2018 beberapa pekan lagi.

Ketersediaan bahan pokok di semua daerah, terutama yang diprediksi mengalami peningkatan jumlah konsumsi, sudah dijamin per 1 Desember 2017 kemarin.

"Kami cek, stok-stok bahan pokok semua sudah ada di daerah. Pengecekan secara lisan dan fisik. Saya sendiri sudah turun ke beberapa provinsi, juga dengan (pejabat) Eselon I sudah terjadwal untuk keliling," kata Enggar saat ditemui di kantornya pada Kamis (7/12/2017) sore.

Beberapa daerah yang dinilai akan mengalami peningkatan jumlah konsumsi, khususnya bahan pokok jelang hari besar keagamaan dan libur tahun baru adalah Sumatera Utara, seluruh Jawa, Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, dan Papua Barat.

Jajaran Kementerian Perdagangan terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan di wilayah kota/kabupaten untuk menjamin stok bahan pokok.

Enggar belum bisa memprediksi berapa besar peningkatan jumlah konsumsi barang pada akhir tahun ini.

Namun, dia memperkirakan akan terjadi pergeseran karena hal-hal tertentu, seperti di Bali yang biasanya tingkat konsumsinya tinggi namun karena erupsi Gunung Agung jadi tidak setinggi biasanya dan tren peningkatan konsumsi menyebar ke tempat di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com