Lika-Liku Belanja Online - Kompas.com

Lika-Liku Belanja Online

Kompas.com - 07/12/2017, 19:58 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu alasan masuk banyaknya konsumen yang tidak suka belanja online adalah masalah kepercayaan.

Kebanyakan dari mereka tidak yakin dengan barang yang akan mereka beli. Bisa jadi barang yang mereka beli tidak sesuai dengan gambar yang terpampang di website tersebut. Bisa jadi barang tersebut tidak akan diterima padahal uang sudah keluar.

Alasan lain, konsumen enggan berbelanja online adalah jenis transaksi yang ribet. Kalau hanya memiliki satu akun bank sementara toko online tersebut mengharuskan membayar dengan menggunakan akun bank lain, konsumen akan urung melakukan transaksi.

Selain itu, rumitnya proses transaksi juga menjadi kendala bagi mereka yang belum tahu bagaimana melakukan pembelian di sebuah toko online.

Dua alasan tersebut akan bisa diatasi jika toko online yang menjual barang lebih memahami tipe-tipe konsumen seperti itu.

Toko online harus memberikan informasi yang jelas kepada calon konsumennya. Salah satu caranya adalah penjelasan secara singkat dan rinci dari barang yang dijualnya, harga yang transparan, dan stok barang yang up-to-date. Bila semua hal itu sudah diperhatikan secara baik-baik, konsumen tidak ragu lagi membeli barang dari toko online tersebut.

Yang tak kalah penting adalah proses transaksi yang mudah bagi pengguna. Toko online harus memberikan pilihan metode pembayaran yang banyak agar konsumen dapat memilih jenis pembayaran sesuai dengan yang mereka miliki.

Selain itu, dengan langkah-langkah pembelian yang mudah dipahami dan tidak ribet, konsumen akan membeli barang tanpa risau.

Gramedia.com sebagai salah satu toko buku online terbesar di Indonesia tentu memperhatikan hal-hal tersebut di atas. Dengan detail produk pada setiap buku yang rinci dan metode pembayaran beragam, Gramedia.com menjadi tempat yang aman dan nyaman konsumen untuk berbelanja buku.

EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM