BI Larang "Fintech" Gunakan Mata Uang Virtual seperti Bitcoin - Kompas.com

BI Larang "Fintech" Gunakan Mata Uang Virtual seperti Bitcoin

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 07/12/2017, 20:08 WIB
IlustrasiTechCrunch Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) menerbitkan aturan penyelenggaraan teknologi finansial ( fintech). Dalam aturan tersebut, bank sentral melarang penyelenggara fintech melakukan kegiatan sistem pembayaran dengan menggunakan mata uang virtual (virtual currency) seperti bitcoin.

Menurut Deputi Gubernur BI Sugeng, mata uang virtual seperti bitcoin tidak diterbitkan oleh bank sentral selaku otoritas moneter dan sistem pembayaran. Sebelumnya, BI juga sudah menyatakan bahwa mata uang virtual seperti bitcoin bukan alat pembayaran yang sah di Indonesia.

"Startup (perusahaan rintisan) atau fintech tidak boleh menggunakan virtual currency sebagai sarana transaksi, sebagai alat penghitung transaksi juga tidak boleh," kata Sugeng di kantornya di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Baca juga : Adakah Sanksi bila Menggunakan Bitcoin dalam Bertransaksi?

Nilai Bitcoin hingga 7 Desember 2017AFP/KOMPAS.com Nilai Bitcoin hingga 7 Desember 2017
Sugeng menyatakan, mata uang virtual memiliki volatilitas yang sangat tinggi. Selain itu, mata uang ini juga tidak diawasi oleh otoritas.

Apabila ada fintech yang memiliki layanan menggunakan mata uang virtual, maka BI berhak untuk menolak perizinan atau meminta fintech tersebut untuk menghapus layanan transaksi itu.

Pengaturan BI terkait penggunaan mata uang virtual oleh fintech saat ini adalah transaksi pembayaran. Misalnya, fintech melayani kanal pembayaran menggunakan transfer, kartu debit, kartu kredit, e-wallet dan mata uang virtual untuk pembayaran transaksi.

Praktik-praktik tersebut dilarang oleh BI. Namun, BI belum memiliki aturan terkait mata uang virtual sebagai obyek transaksi.

Kompas TV Isi ulang dikenakan biaya bahkan akan membuka potensi munculnya pungutan pajak


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM