Miliarder Ini Menyesal Tak Beli Bitcoin - Kompas.com

Miliarder Ini Menyesal Tak Beli Bitcoin

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 08/12/2017, 12:30 WIB
Pengguna mengakses situs web Mt. Gox, bursa bitcoin terbesar di duniaYOSHIKAZU TSUNO / AFP Pengguna mengakses situs web Mt. Gox, bursa bitcoin terbesar di dunia

NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai mata uang virtual bitcoin terus menguat mencapai rekor tertingginya. Bahkan, pada Kamis (7/12/2017), nilai bitcoin sempat menembus 19.340 dollar AS atau setara sekitar Rp 261 juta.

Miliarder dan investor Marc Lasry menyatakan bahwa dirinya harusnya membeli bitcoin jauh-jauh hari ketika nilainya masih 300 dollar AS atau setara sekitar Rp 4 juta beberapa tahun lalu.

Mata uang virtual tersebut pada awal tahun ini nilainya masih di bawah 1.000 dollar AS per unit. Namun, sepanjang tahun 2017, nilainya melonjak hingga lebih dari 1.000 persen.

Lasry menyatakan, dirinya mulai memantau bitcoin ketika nilainya masih 9.000 hingga 10.000 dollar AS beberapa pekan lalu. Sempat terlintas dalam pikiran Lasry untuk membeli mata uang virtual tersebut.

Nilai Bitcoin hingga 7 Desember 2017AFP/KOMPAS.com Nilai Bitcoin hingga 7 Desember 2017

"Saya secara pribadi ingin mulai membelinya. Lalu, kemudian saya pikir tunggu saja sampai harganya turun. Dan ternyata tidak turun, harusnya saya membelinya," ujar Lasry dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari CNBC, Jumat (8/12/2017).

Dalam beberapa pekan terakhir, laju penguatan nilai bitcoin terus kencang. Ini sejalan dengan rencana peluncuran bursa berjangka bitcoin oleh sejumlah penukaran, seperti CME dan Cboe.

Baca juga : Perusahaan Milik Konglomerat Tahir Terima Bitcoin untuk Alat Pembayaran

Namun, penguatan nilai bitcoin yang sangat pesat telah menimbulkan beragam peringatan mengenai kemungkinan terjadinya bubble. Kondisi bubble adalah di mana harga suatu komoditas bergerak dan menuju level tinggi, namun kemudian anjlok dan mengganggu stabilitas.

Lasry tidak berpikir bahwa mata uang virtual adalah sebuah penipuan keuangan. Ini pernah diungkapkan oleh CEO JP Morgan Chase Jamie Dimon beberapa waktu lalu.

Baca juga : Nilai Bitcoin Melonjak Tajam, Pendiri WikiLeaks Girang

"Saya rasa ini nyata. Saya memahaminya, saya memperhatikannya, dan mengatakan bahwa ini tampaknya mata uang baru telah diciptakan," terang Lasry.

Lasry saat ini masih menggeluti bidang investasi bersama perusahaan Avenue Capital Group yang didirikannya. Saat ini, perusahaan tersebut memiliki dana kelolaan mencapai 9,8 miliar dollar AS.

Lasry juga memiliki saham pada klub basket NBA Milwaukee Bucks.

Kompas TV Bitcoin adalah mata uang digital yang digunakan sejak 2009.


Sumber: https://www.cnbc.com/2017/12/07/billionaire-lasry-i-should-have-bought-bitcoin-when-it-was-at-300.html

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
SumberCNBC
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM