Bursa Efek Indonesia Resmikan Kantor di Mataram - Kompas.com

Bursa Efek Indonesia Resmikan Kantor di Mataram

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 08/12/2017, 13:00 WIB
Karyawan melintas di dekat monitor yang menunjukkan pergerakan indeks di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/9/2017).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Karyawan melintas di dekat monitor yang menunjukkan pergerakan indeks di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia ( BEI) meresmikan kantor perwakilan di Mataram. Pendirian Kantor Perwakilan BEI bertujuan untuk memudahkan penyebarluasan informasi melalui sosialisasi dan edukasi mengenai pasar modal secara meluas di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pendirian Kantor Perwakilan BEI Mataram ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan diri kepada pemerintah daerah, instansi, asosiasi profesi, dan masyarakat di Provinsi NTB. Kantor ini beralamat di Jalan Pejanggik Nomor 47C, Mataram.

Dengan dibukanya Kantor Perwakilan BEI di Mataram, maka saat ini telah terdapat 28 Kantor Perwakilan atau Pusat Informasi Go Public di seluruh Indonesia.

Baca juga : Bos BEI: Gundah Gulana Politik Tak Pernah Ganggu Transaksi di Bursa

“Melalui Kantor Perwakilan BEI di Mataram, kami berharap kegiatan sosialisasi dan edukasi Pasar Modal kepada masyarakat dapat berjalan lebih efektif dan berkesinambungan,” ujar Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan dalam pernyataan resmi, Jumat (8/12/2017).

Pendirian Kantor Perwakilan BEI Mataram diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor, serta mendorong perusahaan yang ada di daerah setempat untuk memanfaatkan pasar modal sebagai sarana pembiayaan jangka panjang.

"Potensi pertumbuhan jumlah investor pasar modal di NTB ke depannya akan cukup besar seiring dengan potensi ekonomi yang dimiliki oleh provinsi yang memiliki 7 kabupaten dan 2 kota ini," ujar Nicky.

Baca juga : BEI Tutup Rangkaian Kegiatan Investival 2017

Data Badan Pusat Statistik NTB mencatat, jika subkategori pertambangan bijih logam tidak dimasukkan ke dalam PDRB, terlihat perekonomian NTB pada kuartal III 2017 tumbuh di atas 6 persen dan berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang berjumlah 5,06 persen.

Per akhir Oktober 2017 jumlah investor pasar modal di NTB berjumlah 1.951 Single Investor Identification (SID). Rinciannya adalah Mataram sebanyak 922 SID, Lombok Tengah 224 SID, Sumbawa 208 SID, Bima 171 SID, Lombok Barat 163 SID, Lombok Timur 163 SID, Sumbawa Barat 51 SID, Dompu 44 SID, dan Lombok Utara 5 SID.

Setelah peresmian Kantor Perwakilan BEI Mataram, ada 5 Perusahaan Efek Anggota Bursa yang telah menyatakan minatnya kepada BEI untuk membuka perwakilannya di Mataram. Kelimanya adalah Phintraco Sekuritas, Kresna Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, Philip Sekuritas Indonesia, dan MNC Sekuritas.

Kompas TV Lebih dari 600 ribu masyarakat telah menjadi investor di Bursa Efek Indonesia.


PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM