Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kita Malu dengan Negara Lain, Indonesia Salah Satu Negara yang Tingkat Keselamatan Buruk"

Kompas.com - 11/12/2017, 06:33 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menekan jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengintensifkan pemeriksaan kelaikan kendaraan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi mengungkapkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang tingkat keselamatan lalu lintas masih memprihatikan.

"Kita malu dengan negara lain, Indonesia salah satu negara yang tingkat keselamatan (lalu lintas) buruk, di mana ditandai dengan banyak kecelakaan dan banyak korban meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas," ujar Budi saat melakukan ramp check angkutan barang di Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (10/12/2017).

Budi mengatakan, pihaknya akan meningkatkan intensitas pemeriksaan kendaraan di Indonesia, baik angkutan barang maupun angkutan penumpang.

Baca juga : BI: Mobil Pengangkut Uang Harus Patuhi Undang-undang Lalu Lintas

"Apa kita tidak malu dengan Thailand? Tidak malu dengan Vietnam? Katanya kita negara yang sudah sedemikian cepat untuk maju di bidang transportasi," katanya.

Menurutnya, pola pemeriksaan kendaraan akan dilakukan secara rutin setiap tahun dengan mengikuti pola operasi kepolisian. "Banyak kecelakaan lalu lintas di Indonesia, per hari bisa sampai 3-4 orang meninggal dunia," jelasnya.

Sementara itu, pada hari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check di seluruh Indonesia.

Pemeriksaan kelaikan kendaraan dilakukan dengan pemeriksaan berbagai unsur, mulai dari unsur administrasi meliputi kartu izin muatan, Kartu Izin Surat Tanda Uji Kendaraan, Surat Izin Mengemudi.

Kemudian, unsur teknis utama, seperti sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan dan dimensi muatan.

Selain itu, unsur teknis penunjang pengukur kecepatan, sistem penerangan, badan kendaraan, perlengkapan kendaraan.

Diharapkan dengan upaya tersebut angka kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya bisa dikurangi, terutama menjelang hari-hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com