Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Erupsi Gunung Agung ke Bisnis Hotel Lebih Parah Dari Bom Bali

Kompas.com - 11/12/2017, 18:33 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani menyebutkan pemesanan hotel (reservasi) di Bali turun akibat adanya erupsi Gunung Agung

Bahkan, lanjut dia, penuruan pemesanan hotel akibat Gunung Agung lebih parah, dibandingkan penurunan pemesanan hotel akibat bom Bali. 

"Yang jelas di Bali (pemesanan hotel) cukup memprihatinkan. Dan jauh lebih berat dibandingkan bom Bali," kata dia, di Jakarta, Senin (11/12/2017). 

Pengusaha yang juga merangkap sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia ini menuturkan, penurunan tersebut lebih disebabkan oleh penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Baca juga : Erupsi Gunung Agung Sebabkan Efek Domino Delay Penerbangan Garuda Indonesia

Menurut dia, penutupan bandara tersebut sangat mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke Bali yang mana imbasnya juga kepada hotel. 

"Kalau ditutup itu problem banget. Karena tidak gampang untuk meyakinkan wisatawan asing, mereka kan mau nyari aman, tetapi Gunung Agung tidak bisa diprediksikan. Dan ini sangat menyulitkan bagi teman-teman di Bali," jelas dia. 

Meski demikian, Hariyadi belum mengatahui berapa nilai penurunan pemesanan akibat erupsi Gunung Agung. Sebab, pihaknya belum mendapat laporan secara rinci dari pengusaha hotel di Bali terkait jumlah penurunan pemesanan. 

"Masih belum tahu persis, karena masih buka tutup. Ya di bawah 50 persen bisa. Kalau buka tutup repot kalau orang masuk," pungkas dia. 

Kompas TV Gubernur Bali kembali menegaskan, wisata di Bali aman untuk dikunjungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com