Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Siap Suntik Modal ke Anak Usaha

Kompas.com - 11/12/2017, 19:46 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA siap menyuntikkan modal kepada anak usaha untuk mengembangkan usahanya.

Menurut Jahja, perseroan terus melihat perkembangan berbagai anak usaha dalam menjalankan bisnis masing-masing.

Hal ini dilakukan guna melihat kebutuhan permodalan yang diperlukan pada anak perusahaan.

"Anak perusahaan tergantung kebutuhannya, kalau memang kebutuhan mereka itu besar, perlu ekspansi besar, maka ya kami siap untuk suntik dana," ujar Jahja di Menara BCA, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Baca juga : BCA Dorong Para Debitornya Melantai di Bursa Efek Indonesia

Saat ini, BCA tengah memperkuat kepemilikan saham pada anak usahanya, yakni BCA Life dengan menyuntik modal sebesar Rp 270 miliar. Melalui suntikan ini, BCA mengambil alih 90 persen saham di BCA Life.

Proses pengambilalihan 90 persen atau 234.000 saham saham BCA Life dilakukan dengan membeli saham BCA Sekuritas di BCA Life sebesar Rp 256,7 miliar.

Namun demikian, Jahja mengatakan, dengan memiliki ciri khas produk-produk proteksi untuk saat ini BCA Life belum memiliki kebutuhan permodalan yang besar.

"Konsep BCA Life itu lebih kepada produk-produk proteksi, jadi tidak terlalu banyak menyerap dana modal, dan rasanya enggak terlalu dibutuhkan modal yang besar," paparnya.

Anak Usaha

Sebelumnya, Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, BCA sejak lama memiliki rencana bisnis dengan mengambil alih saham anak usaha secara menyeluruh. Hal ini dilakukan guna menjaga rasio permodalan Grup BCA.

BCA ingin menguasai kepemilikan saham di anak usaha agar BCA tetap dapat memberikan biaya yang lebih murah.

"Kalau seluruhnya milik BCA maka biaya dana rendah bisa dimanfaatkan anak usaha dan profitabilitas kembali ke induk, yaitu BCA," jelas Jahja seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Kemudian, BCA telah menyiapkan modal sebesar Rp 1 triliun hingga Rp 2 triliun untuk bisnis anorganik. Rencananya, dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan anak usaha di 2018.

Sekadar informasi, saat ini BCA memiliki delapan anak perusahaan, yakni BCA Syariah, BCA Insurance, BCA Sekuritas, BCA Life, BCA Finance, BCA Finance Ltd, CS Finance, dan Central Capital Ventura (CCV).

Kompas TV BCA Tampung Amnesti Pajak Terbesar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com