Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Siap Rangkul Pengusaha Aplikasi Online untuk Bergabung

Kompas.com - 14/12/2017, 09:00 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengaku pihaknya siap merangkul pelaku usaha berbasis online untuk bergabung ke Kadin. 

Menurut dia, maraknya aplikasi online di tanah air menjadi bukti bahwa memajukan perekonomian bisa dilakukan dari segala bidang, termasuk melalui aplikasi berbasis online.

Hal ini disampaikannya usai pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin di Batam, Rabu (13/12/2017). 

"Perekonomian itu akan tumbuh berkualitas jika manusianya juga berkualitas. Kami juga melihat pertumbuhan tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja, tetapi harus Indonesia centris. Kami akan mencoba menyelaraskan pertumbuhan secara seimbang," kata Rosan.

Baca juga : Sepakati Kerja Sama, Kemendag Kini Bisa Pantau Data Perusahaan Anggota Kadin

Dia memaparkan bahwa saat ini ketimpangan ekonomi masih terus mewarnai perekonomian nasional dan daerah.

Secara nasional, Indeks Gini Ratio tahun 2016 dan 2017 masih berkisar diantara 0,400,41 dan di daerah berkisar 0,33-0,41. 

Catatan Kadin, dalam kurun waktu 2016-2017, perkembangan ekonomi Indonesia masih dalam trend positif dan stabil. Tahun 2015, pertumbuhan ekonomi mencapai 4,88 persen, 2016 naik menjadi 5,02 persen dan tahun 2017 diperkirakan mencapai 5,1 persen.

Meskipun secara umum pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik, namun capaian pertumbuhan yang berada di kisaran 5 persen itu tidak cukup mampu untuk menyerap kebutuhan angkatan kerja baru yang setiap tahun mencapai 2 juta orang. 

Oleh sebab itu, Kadin juga akan terus mendorong pelaksanaan program pendidikan vokasi agar angkatan kerja yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan industri dan menjadi tenaga kerja siap pakai.

"Kami full commitment dengan ini. Pendidikan vokasi, digital economy salah satunya aplikasi online, ketenagakerjaan juga, ini yang akan menjadi fokus-fokus perhatian kita," ungkap Rosan. 

Rapimnas Kadin di Batam ini dilakukan pada 13-14 Desember 2017. Rapimnas ini menyoroti pembangunan daerah dan Sumber Daya Manusia (SDM), serta untuk menyusun program kerja Kadin di tahun 2018.

Kompas TV Bisnis Kembali Normal Pasca Teror Bom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com