BI Jamin Ketersedian Uang Jelang Libur Natal dan Tahun Baru - Kompas.com

BI Jamin Ketersedian Uang Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 14/12/2017, 21:12 WIB
Warga menunjukkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di lokasi penukaran uang di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia resmi meluncurkan uang NKRI tahun emisi 2016 dengan menampilkan 12 pahlawan nasional yakni 7 uang rupiah kertas dan dan 4 uang rupiah logam.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Warga menunjukkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di lokasi penukaran uang di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia resmi meluncurkan uang NKRI tahun emisi 2016 dengan menampilkan 12 pahlawan nasional yakni 7 uang rupiah kertas dan dan 4 uang rupiah logam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Eni Panggabean, menjamin ketersediaan uang tunai menjelang musim libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Pihaknya juga memastikan sudah mengedarkan uang tunai dalam berbagai pecahan guna melayani kebutuhan pembayaran di masyarakat.

"Pecahannya sebagian besar tahun emisi 2016, 65 persen. 35 persen di luar emisi tahun 2016. Kalau membutuhkan uang yang masih baru, kami sediakan dalam jumlah yang cukup," kata Eni kepada pewarta di gedung BI, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017).

Dia menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan kas siap edar sebesar Rp 194 triliun yang akan diedarkan ke seluruh wilayah Indonesia. Sampai saat ini, peredaran uang tunai dilakukan dengan menyasar 155 titik distribusi yang dimiliki oleh BI.

Baca juga : Di Venezuela, Jumlah Uang Beredar Melonjak 200 Persen

"Kami akan meningkatkan distribusi dan persediaan uang di kantor pusat dan kantor perwakilan BI," tutur Eni.

Untuk langkah teknisnya, BI saat ini sedang melaksanakan pengaturan dan penjadwalan pengiriman uang sejak November hingga akhir tahun nanti. Selain itu, BI juga mengoptimalkan peran kas titipan untuk distribusi uang dan penukaran serta menambah jumlah kas keliling.

PenulisAndri Donnal Putera
EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM