Bambang Brodjonegoro: Banyak Pemda yang Tertarik Bangun LRT - Kompas.com

Bambang Brodjonegoro: Banyak Pemda yang Tertarik Bangun LRT

Nurandini Alya Sam
Kompas.com - 14/12/2017, 21:39 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Nasional (Bapennas), Bambang Brodjonegoro dalam closing statemant di acara Outlook Pasar Modal 2018. Kamis (14/12) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Nasional (Bapennas), Bambang Brodjonegoro dalam closing statemant di acara Outlook Pasar Modal 2018. Kamis (14/12) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan, saat ini banyak pemerintah daerah ( pemda) yang mulai mengajukan proyek untuk membangun Light Rapid Transit ( LRT).

Hal itu menurut dia seiring dengan bermunculannya proyek-proyek infrastruktur yang diusulkan dari pemda. Bahkan pemda tidak lagi berharap pada dana dari pemerintah pusat.

"Saat ini makin banyak pemerintah daerah ingin mengerjakan proyek infrastruktur dananya tidak menggunakan dana atau tidak berharap cucuran dana dari pusat tetapi maju dengan KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha)," kata Bambang dalam "Outlook Pasar Modal 2018" di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (14/12/17).

Lebih lanjut Bambang menyebutkan, proyek yang diusulkan oleh pemda sudah sangat bervariasi atau tidak hanya ingin membuat jalan tol atau fly over.Tetappi banyak pemerintah daerah yang mengusulkan untuk membangun LRT.

Baca juga: Disubsidi, Tarif Tiket LRT Jabodebek Dipatok Rp 12.000

"Mereka tidak mengusulkan jalan tol lagi, tetapi mereka menawarkan misalkan yang mulai ramai adalah LRT," kata Bambang.

Bambang mengaku senang karena banyak pemerintah daerah yang saat ini mulai sadar bahwa jalan tol atau fly over tidak bisa menyelesaikan masalah macet dalam jangka waktu lama.

Beberapa daerah yang sudah mengusulkan untuk mulai membangun LRT adalah Makassar, Surabaya, dan Bandung. Bambang Brodjonegoro yakin ke depannya masih banyak daerah yang akan mengusulkan untuk membangun LRT.

PenulisNurandini Alya Sam
EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM