Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Minta Generasi Muda Jadi "Cyber Army"

Kompas.com - 15/12/2017, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) meminta seluruh mahasiswa penerima beasiswa BI untuk berkontribusi terhadap negeri dengan ilmu yang dimiliki. Penerima beasiswa dari bank sentral tergabung dalam komunitas GenBI.

Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman menyatakan, GenBI diarahkan untuk menjadi contoh dan agen perubahan bagi masyarakat, garda depan yang membantu menyampaikan informasi kebijakan BI (front liner), serta mengambil bagian sebagai pemimpin Indonesia di masa mendatang (future leader).

Leadership Camp merupakan program tahunan BI yang diisi dengan pembekalan kepemimpinan (leadership) dan motivasi yang inspiratif bagi GenBI. Leadership Camp kali ini diikuti 440 mahasiswa GenBI yang merupakan bagian dari 3.290 mahasiswa yang menerima beasiswa dari BI tahun 2017.

Baca juga : Militer AS Kirim Pasukan Cyber ke Medan Perang

Dalam Leadership Camp yang berlangsung 8-10 Desember 2017, seluruh GenBI mendapatkan Leadership Lecture dan motivasi kepemimpinan yang dibawakan oleh Agusman.

“Tolong bekal yang diberikan selama Leadership Camp digunakan sebaik-baiknya sebagai bentuk dedikasi untuk negeri,” ujar Agusman pada acara penutupan GenBI Leadership Camp.

Agusman juga meminta kepada GenBI di seluruh Indonesia untuk menjadi garda depan komunikasi kebijakan BI melalui media sosial.

BI sebagai otoritas dalam bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran serta pengelolaan uang rupiah juga menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat luas.

Baca juga : Pemerintah Latih 100 Anak Muda untuk Jadi Polisi Cyber

“Kami sangat berharap karena di zaman media sosial seperti sekarang ini GenBI akan menjadi cyber army kami. Kalau 3.000-an GenBI saat ini bisa menyuarakan informasi yang benar tentang BI dan kebijakan-kebijakannya kepada masyarakat luas, maka akan membantu pemahaman masyarakat lebih baik tentang kebijakan BI dan pada akhirnya juga mampu berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi Indonesia” ujarnya.

Lebih jauh, lanjut Agusman, melalui kegiatan ini BI sedang mempersiapkan generasi sekarang untuk berkembang dan dapat berkompetisi dalam persaingan ekonomi global dunia. Sejak 2011 hingga 2017, BI telah memberikan sekitar 18.565 mahasiswa penerima beasiswa yang tersebar di 89 PTN seluruh Indonesia.

Kompas TV Ia ditangkap di rumahnya, perumahan TNI AU, Angkasa Puri, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com