Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Resolusi Finansial yang Perlu Anda Ambil Tahun 2018

Kompas.com - 16/12/2017, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Tahun 2018 tinggal hitungan pekan, apakah Anda sudah memiliki resolusi keuangan yang perlu dikejar tahun depan?

Memiliki resolusi bisa membantu Anda supaya perjalanan finansial di masa mendatang tetap terarah. Dengan memiliki resolusi keuangan, Anda bisa terpacu untuk mengelola keuangan lebih baik. Karena hampir semua aspek hidup terhubung dengan masalah finansial.

Misalnya, Anda berencana menikah tahun depan dengan pasangan Anda sekarang, sudah pasti rencana itu membutuhkan dana atau biaya. Atau, Anda ingin memiliki rumah tahun depan, Anda perlu menyiapkan pendanaannya agar bisa terwujud.

Berikut iini 5 keputusan finansial yang bisa Anda masukkan dalam daftar resolusi keuangan Anda untuk tahun 2018:

1. Membeli asuransi jiwa

Anda sudah menikah dan memiliki anak, tapi belum punya asuransi jiwa? Jangan lagi menunda. Semakin awal Anda membeli asuransi jiwa sebagai manajemen pengelolaan risiko keuangan, akan semakin baik.

Selain itu, harga premi asuransi jiwa akan semakin mahal bila usia si tertanggung semakin tua. Pilih asuransi jiwa berjangka yang paling sesuai kebutuhan Anda dengan begitu Anda bisa optimal berkonsentrasi untuk tujuan keuangan lain.

2. Membeli rumah

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok di mana harganya sulit menurun. Semakin Anda menunda pembelian rumah, semakin besar biaya yang harus Anda tanggung untuk menutup kebutuhan tempat tinggal. Biaya bisa berupa uang sewa kontrakan dan kerugian berupa nilai uang karena harga rumah terus naik sedang penghasilan Anda sulit mengejar kenaikan tersebut.

Jadi, mengapa tidak menargetkan pembelian rumah tahun 2018? Anda cukup fokus mengumpulkan kebutuhan uang muka agar lebih cepat memiliki rumah. Manfaatkan saja kredit pemilikan rumah agar beban pembelian rumah bisa lebih ringan.

3. Negosiasi gaji

Anda tentu tahu berapa nilai penghasilan yang sudah Andaa dapatkan selama setahun terakhir. Tahun depan, Anda perlu menargetkan kenaikan penghasilan tersebut agar bisa mengimbangi laju inflasi.

Bila tidak, sama saja nilai penghasilan Anda akan tergerus laju penurunan nilai uang karena inflasi.

Jadi, upayakan agar Anda bisa mendapatkan kenaikan gaji tahun depan, minimal setara dengan tingkat inflasi. Di Indonesia, dalam 10 tahun terakhir, laju inflasi mencapai 6 persen per tahun.

4. Rintis bisnis sampingan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com