Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru, Mandiri Siapkan Tunai Rp 16,39 Triliun

Kompas.com - 18/12/2017, 10:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp 16,39 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Angka tersebut naik 2,3 persen dibandingkan realisasi tahun lalu.

Selain itu, angka tersebut juga meningkat 62 persen dari rata-rata kebutuhan bulanan dana tunai pada periode Januari hingga November 2017. Pendistribusian dana pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai 65 persen dari total dana yang disiapkan.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menyebut, pendistribusian dana tersebut berlangsung selama periode 4-29 Desember 2017.

Pasalnya, pada rentang waktu tersebut, transaksi masyarakat diperkirakan akan meningkat untuk pemenuhan kebutuhan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, KAI Tambah 2 Kereta Rute Malang-Jakarta

"Bank Mandiri juga memastikan kecukupan pasokan uang untuk mengisi ATM, menjaga ketersediaan infrastruktur, dan sistem operasional ATM agar kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan menjelang Natal dan tahun baru dapat tetap terjaga," kata Rohan dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (18/12/2017).

Menurut Rohan, Bank Mandiri telah menerapkan sistem Cash Management dan sistem monitoring operasional seluruh ATM untuk memastikan ketersediaan uang dalam ATM. Dengan menerapkan sistem tersebut, kenaikan kebutuhan kas ATM maupun permasalahan ATM akibat perubahan pola belanja nasabah dapat diminimalisasi dan ditangani secepatnya, sehingga ATM Mandiri akan selalu siap digunakan nasabah.

”Kami berupaya memastikan Mandiri ATM akan selalu siap digunakan dengan dukungan teknisi handal untuk memonitoring kinerja ATM selama 24 jam,” ujar Rohan.

Saat ini nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi melalui 17.695 ATM Mandiri yang tersambung dalam jaringan ATM Link ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

Selain ATM, Bank Mandiri juga menyediakan layanan 24 jam lainnya, yaitu Mandiri SMS, Mandiri Online dan Mandiri Call atau Phone Banking. Mandiri Call 14000 melayani nasabah 7x24 jam sepanjang tahun, termasuk pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com