Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Telur Ayam Merangkak Naik, Konsumen Mulai Resah

Kompas.com - 19/12/2017, 13:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang pergantian tahun 2017 dan Hari Raya Natal harga telur ayam ras mengalami kenaikan harga dalam beberapa hari terakhir di beberapa wilayah.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pada Selasa (19/12/2017) harga telur ayam di wilayah Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan sudah berada di kisaran Rp 25.000 hingga 26.000 per kilogram.

Imah (33) salah satu pedagang telur di pasar Cimanggis, Tangerang Selatan mengatakan, harga telur sudah beberapa hari terakhir mengalami kenaikan, hingga saat ini telah mencapai Rp 26.000 per kilogram.

Baca juga : Mentan Minta Pengusaha Tidak Naikkan Harga Telur Ayam

"Ini udah naik dari kemarin-kemarin, sekarang jadi Rp 26.000 per kilogram," kata Imah kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2017).

Selain itu, salah satu pedagang telur ayam di pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sudarmanto mengatakan, harga telur ayam memang sedang mengalami kenaikan seiring dengan datangnya musim liburan ditambah dengan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

"Kayak biasa aja, kalau mau liburan konsumsi baik, harga juga naik, setiap akhir tahun, kayak mau Lebaran juga gitu, sekarang Rp 25.000 per kilogram, kemarin minggu masih Rp 22.000 per kilogram," jelasnya.

Sementara itu, konsumen telur ayam ras mengaku resah dengan kenaikan harga yang terjadi saat ini, terlebih bagi para konsumen usaha kecil menengah.

"Saya punya usaha makanan yang bahan bakunya pakai telur, kalau harga naik saya kurangin, karena saya enggak mungkin naikin harga jual saya," ujar Firman Hadi pelaku usaha kuliner aneka kue di bilangan Jakarta Selatan.

Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta (IPJ) harga rata-rata telur ayam ras di Jakarta mencapai Rp 25.363 per kilogram, harga tertinggi ada di pasar pos pengumben Rp 27.000 per kilogram, dan terendah di pasar pondok labu Rp 22.000 per kilogram.

Kemudian, Alina Hafiz seorang ibu rumah tangga mengaku keberatan dengan harga bahan pangan pokok yang mengalami kenaikan.

Sebab, di penghujung tahun, lanjut Alina banyak kebutuhan yang harus dikeluarkan mulai dari biaya sekolah anak pada awal tahun nanti, hingga persiapan Hari Raya Natal.

"Kalau bisa jangan naik ya harga-harga kaya telur, beras, cabai, karena banyak kebutuhan, mau Natal juga, terus nanti awal tahun anak sekolah," paparnya.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga rata-rata telur ayam ras secara nasional telah mencapai Rp 25.300 per kilogram, harga tertinggi ada di wilayah Papua Rp 37.100 per kilogram, dan terendah di wilayah Sumatera Utara Rp 18.150 per kilogram.

Kemudian, harga rata-rata harga telur ayam di Jakarta mencapai Rp 25.650 per kilogram. Artinya, secara nasional harga telur ayam ras telah melewati harga acuan telur yang ditetapkan Kementerian Perdagangan, yakni Rp 22.000 per kilogram.

Kompas TV Operasi Pasar Murah di Bone, Warga Serbu Telur Ayam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com