Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Hasanuddin Naik

Kompas.com - 20/12/2017, 07:32 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Hasanuddin Makassar mulai mengalami kenaikan dalam dua hari terakhir menjelang Natal.

General Manager Bandara Hasanuddin Makassar Cecep Marga Sonjaya menuturkan dalam dua hari terakhir ini jumlah penumpang pesawat yang melalui bandara tersebut mencapai sekitar 35.000 orang per hari, dari hari-hari biasanya sebanyak sekitar 30.000 orang per hari.

"Sebagian besar penumpang tersebut mengambil rute ke arah timur seperti ke Ambon dan Papua, " ujarnya Rabu (20/12/2017), dini hari.

Menurut Cecep, jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Hasanuddin diprediksi akan naik sebesar 11 persen sepanjang libur Natal dan tahun baru.

Baca juga : Kompensasi Ini Wajib Diterima Calon Penumpang Pesawat saat Kena Delay

Bahkan tiga maskapai, yakni Citilink, Lion Air dan Sriwijaya Air mengajukan tambahan slot hingga sembilan penerbangan.

Tambahan waktu penerbangan tersebut untuk rute Makassar-Semarang, Makassar-Manokwari, Makassar-Yogyakarta dan Makassar-Denpasar.

Selain kenaikan jumlah penumpang, jumlah kargo yang masuk dan keluar dari Bandara Hasanuddin juga telah mengalami kenaikan yang signifikan.

Dari catatan Angkasa Pura I, kenaikan jumlah kargo dalam beberapa hari terakhir ini telah mencapai 50 persen.

Terkait dengan persiapan libur Natal dan tahun baru, pihak Angkasa Pura I telah menyiapkan posko di Bandara Hasanuddin Makassar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com