Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Sejumlah Komoditas Pangan Rawan Gejolak Harga

Kompas.com - 20/12/2017, 09:21 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Natal dan akhir tahun 2017 ada beberapa komoditas pangan yang perlu diwaspadai pemerintah.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan, ada beberapa komoditas yang konsumsinya meningkat jelang akhir tahun.

Dengan ini kewaspadaan pemerintah terkait pasokan maupun pengawasan jalur distribusi perlu ditingkatkan.

"Seperti daging ayam, telur, minyak goreng, dan ayam sudah lebih dari Rp 35.000 ini yang harus jadi jadi sorotan sebenarnya," ujar Mansuri kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2017).

Baca juga : Kementan Jamin Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Menurutnya, menjelang Natal dan Tahun Baru biasanya kenaikan konsumsi masyarakat akan bahan pangan alami kenaikan 10 persen dari hari biasanya.

"Kenaikan permintaan itu tidak lebih dari 10 persen, tetapi memang ini kan ada cuaca buruk ada beberapa daerah yang banjir ini dikhawatirkan wilayah-wilayah ini itu justru menjadi wilayah-wilayah yang diharapkan pemerintah untuk mensuplai beberapa komoditas," jelasnya.

Selain itu, lanjut Mansuri, guna mengantisipasi gejolak harga pangan, pemerintah perlu melakukan pemetaan wilayah produksi, agar jika terjadi shortage (kekurangan) di satu wilayah, maka bisa dibantu pasokan dari wilayah lain.

"Harus ada pemetaan dan pemetaan tidak boleh dilakukan sekarang, pemetaan itu harus dilakukan jauh-jauh hari sehingga kita tahu titik mana yang kita ambil untuk menghindari harga tinggi," ujarnya.

Baca juga : Harga Telur Merangkak Naik, Pemerintah Diminta Jaga Pasokan

Kemudian, jika pola yang ditempuh pemerintah dalam meredam gejolak harga pangan dengan operasi pasar dinilai tidak tepat, sebab hal ini berkaca dengan harga daging sapi yang hari ini masih bertengger diatas Rp 100.000 per kilogram.

"Kalau operasi pasar-operasi pasar lagi menurut tidak efektif," paparnya.

Berdasarkan data dari Informasi Pangan Jakarta (IPJ) hampir seluruh bahan pangan dan komoditas strategis mengalami kenaikan harga, mulai dari telur ayam harga rata-rata di Jakarta mencapai Rp 25.162 per kilogram.

Kemudian, daging ayam Rp 34.125 per ekor, naik Rp 425 dari hari sebelumnya, cabai rawit merah Rp 34.302 per kilogram, naik Rp 2.744 dari hari sebelumnya, cabai merah besar Rp 36.883 per kilogram, naik Rp 372 dari hari sebelumnya.

Selain itu, cabai merah keriting Rp 39.697 per kilogram, naik Rp 418 dari hari sebelumnya, minyak goreng curah Rp 12.655 per kilogram, bawang putih Rp 26.930 per kilogram, bawang merah Rp 27.604 per kilogram.

Daging sapi murni Rp 117.127 per kilogram, daging sapi paha belakang Rp 123.461 per kilogram, dan daging kambing Rp 110.666 per kilogram.

Kompas TV Harga Bahan Pokok Naik Jelang Natal dan Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com