Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lhokseumawe Antusias Ikut Program Pendanaan Modal Usaha Berbasis Teknologi

Kompas.com - 20/12/2017, 13:00 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sejumlah warga Lhokseumawe antusias mengikuti sosialisasi modal usaha bersumber dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Gedung Pascasarjana, Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe, Rabu (20/12/2017).

Rektor Unimal, Apridar menyebutkan, usaha yang didanai seluruhnya berbasis teknologi. Dia menyebutkan, tersedia tiga skema di Kemenristek Dikti yang bisa digunakan masyarakat, alumni kampus, dan dosen untuk memulai usaha.

Ketiganya yaitu skema Calon Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), Perusahaan Pemula Bebasis Teknologi (PPBT) dan Inkubator Bisnis Teknologi (IBT).

“Masing-masing skema mendapatkan pendanaan Rp 250 juta -Rp 300 juta. Kami ingin, skema ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat yang ingin atau sudah punya bisnis berbasis teknologi,” terang guru besar bidang ekonomi itu.

Baca juga : ADB Danai Pembangunan Unimal Rp 600 Miliar

Dia mengatakan telah mengintruksikan dua lembaga yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Career Development Center (CDC) kampus itu untuk membimbing penyusunan proposal calon pengusaha hingga sukses mendapatkan pendanaan dari Kemenristek Dikti.

“Saya ingin ke depan lebih banyak yang lolos mendapat pendanaan. Dua tahun terakhir yang lolos itu sekitar tujuh sampai 10 pengusaha. Kita ingin lebih banyak lagi ke depan,” terangnya.

Dia menyebutkan, semakin banyak pengusaha tentu akan mengikis angka pengangguran di Aceh. Seluruh pengusaha itu, nantinya akan terus dimonitoring hingga usahanya menghasilkan laba.

“Ini salah satu langkah kampus dan Ristek Dikti untuk menciptakan pengusaha dan meminimalisir angka pengangguran di Indonesia,” pungkasnya.

Kompas TV Nike Lidiyastuti kini meluaskan bisnisnya ke Makassar, Surabaya, Hingga Jayapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com