Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diretas, Tempat Penukaran Bitcoin di Korea Selatan Bangkrut

Kompas.com - 21/12/2017, 09:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com - Sebuah tempat penukaran bitcoin alias bitcoin exchange bernama Youbit menyatakan bangkrut. Sebelumnya, Youbit diretas dan pencuri siber menggondol hampir seperlima aset milik klien-klien pada awal pekan ini.

Mengutip CNN Money, Kamis (21/12/2017), ini adalah kedua kalinya Youbit diretas. Youbit melayani jual dan beli tak hanya bitcoin, namun juga beragam mata uang virtual lainnya.

Pada April 2017 lalu, peretas menggondol mata uang digital senilai 37 miliar won atau setara 35 juta dollar AS, sekitar Rp 472,5 miliar yang ada di Youbit.

Namun, pihak Youbit tidak menjelaskan secara rinci mengenai kerugian akibat peretasan kali ini maupun kronologi kejadiannya.

Baca juga : DBS: Bitcoin Adalah Skema Ponzi

Lembaga Internet dan Keamanan Korea Selatan menyatakan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menginvestigasi peretasan yang dialami Youbit. Namun, belum terungkap siapa dalang peretasan tersebut.

Youbit menyatakan, pengguna yang terdampak dapat memperoleh kembali 75 persen nilai mata uang virtual mereka yang ditempatkan di akun milik Youbit. Sisanya akan dikembalikan setelah keputusan pailit terbit.

Peretasan yang dialami Youbit bukan satu-satunya. Sebelumnya, peretas mencuri bitcoin dengan nilai lebih dari 750 juta dollar AS dari platform jual beli bitcoin Nicehash.

Tahun lalu, tempat penukaran bitcoin Bitfinex menutup operasinya setelah peretas mencuri bitcoin dengan nilai lebih dari 60 juta dollar AS.

Baca juga : Deutsche Bank: Crash Bitcoin Jadi Ancaman Tahun 2018

 

Menurut Tim Wellsmore, direktur ancaman intelijen di perusahaan keamanan siber FireEye menyebut, pusat penukaran bitcoin lambat dalam merespon ancaman yang ditebar peretas.

"Sejalan dengan harga bitcoin dan beberapa mata uang virtual lainnya terus teraprezisi, maka minat untuk (meretas dan) mencuci juga," ujar Wellsmore.

Kecurigaan diretasnya Youbit menyasar pada dugaan ini dilakukan oleh Korea Utara. Namun, pihak Korea Utara pun sebelumnya menyatakan tidak terlibat dalam serangan siber internasional.

Kompas TV Bitcoin adalah mata uang digital yang digunakan sejak 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com