Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Inovasi, Dua Hal Ini Bikin Daerah Jadi Incaran Investor

Kompas.com - 21/12/2017, 12:48 WIB

KOMPAS.com - Ternyata, selain inovasi sebagai kunci keberhasilan pembangunan di daerah, masih ada dua hal yang membuat daerah menjadi incaran investor.

Catatan dari Wali Kota Pontianak Sutarmidji yang diterima Kompas.com hari ini menunjukkan, keberanian mendobrak tebalnya dinding birokrasi dan kemampuan mempercepat proses perizinan dan investasi adalah dua hal yang memberi pengaruh.

Wali Kota Sutarmidji, dengan ketiga hal yang sudah dilakukannya itu, membuktikannya.  "Tujuan jangka panjangnya dapat menarik investasi ke Pontianak sehingga perekonomian Kota Pontianak dapat terbangun dan kesejahteraan masyarakat pun meningkat," tuturnya.

Informasi menunjukkan bahwa Kota Pontianak memborong tiga penghargaan sekaligus. Pertama, penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2017 kategori kota dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Ini merupakan kali ketiga Pontianak mendapat predikat tersebut.

Kedua, Sutarmidji juga mendapat penghargaan Leadership Award 2017.  Pada penghargaan Leadership Award 2017, Sutarmidji masuk dalam tujuh Wali Kota terbaik versi Kemendagri. Penghargaan personal ini menyandingkan Wali Kota Pontianak dua periode itu dengan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.  

Pemkot Pontianak dinilai berhasil dalam melakukan inovasi dalam tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik dan bentuk inovasi lain, sesuai dengan urusan yang jadi kewenangan daerah.

"IGA kita sudah dua kali dapat, ini yang ketiga dan menunjukkan bahwa Pontianak sebagai kota yang betul-betul inovatif," kata Sutarmidji seusai menerima penghargaan yang diberikan Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Senin (18/12/2017) malam.

Setidaknya, ada tiga hal utama dalam penilaian IGA, yakni aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat. Tiga aspek itu dinilai berdasarkan lima kriteria inovasi daerah.

Pertama, mengandung pembaruan seluruh atau sebagian unsur inovasi.

Kedua, memberi manfaat bagi daerah atau masyarakat.

Ketiga, tidak menyebabkan pembebanan atau pembatasan masyarakat.

Keempat, merupakan urusan kewenangan daerah.

Kelima, dapat direplikasi.

Yang ketiga, Pemkot Pontianak mendapat penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI karena dinilai memiliki praktik terbaik dan unik dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif.

"Pemkot menyederhanakan perizinan, dari 99 jenis perizinan tahun 2008, jadi 14 jenis perizinan di tahun 2017. Saya maunya ke depannya 10," pungkas Sutarmidji.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com