Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2018, OJK Prediksi Pertumbuhan Kredit 10-12 Persen

Kompas.com - 21/12/2017, 19:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan akan meningkat pada tahun 2018. Hal ini sejalan dengan membaiknya prospek ekonomi global dan domestik di tahun depan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan, kredit perbankan pada tahun 2018 akan tumbuh pada kisaran 10-12 persen. Adapun dana pihak ketiga (DPK) pun diperkirakan tumbuh pada angka yang sama.

"Kredit akan tumbuh 10-12 persen, DPK tumbuh 10-12 persen, ada kemungkinan bias ke atas," ujar Wimboh pada konferensi pers akhir tahun OJK di Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Sementara itu, pasar modal domestik diperkirakan bakal mempu meraup dana pembiayaan sebesar Rp 253,94 triliun pada tahun 2018. Ini seiring dengan fundamental ekonomi yang terjaga serta perbaikan kondisi ekonomi yang terus berlanjut.

Baca juga : Ada Kartu Kredit Digital, Apa Saja Keunggulannya?

Pada kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana menuturkan, OJK optimistis dengan target pertumbuhan kredit perbankan untuk tahun 2018 mendatang. Hal ini pun sejalan dengan rencana bisnis bank (RBB) yang telah dilaporkan kepada OJK.

"Kalau lihat industri (perbankan) dalam RBB 2018 lebih positif sebetulnya. Mereka targetkan (pertumbuhan kredit) sekitar 12,23 persen, artinya di 2018 dengan kondisi-kondisi ekonomi, mereka menyikapi dengan lebih positif," ungkap Heru.

Heru menyatakan, optimisme tersebut juga terlihat dari berbagai upaya yang dilakukan perbankan untuk memperbaiki kualitas kredit. Sepanjang tahun 2017, perbankan banyak melakukan "bersih-bersih" kredit bermasalah dan konsolidasi, sehingga hasilnya akan terasa pada tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com