Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal, Angkasa Pura II Layani 2,1 Juta Penumpang

Kompas.com - 25/12/2017, 17:41 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat melayani 2,1 juta penumpang hingga H-2 angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 7,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 1,88 juta penumpang.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menuturkan, sepanjang angkutan natal dan tahun baru kali ini, lonjakan penumpang terjadi pada H-3 atau 22 Desember 2017 sebanyak 371.047 penumpang.

Adanya peningkatan jumlah penumpang yang terjadi di 13 cabang, didukung oleh adanya extra flight atau tambahan penerbangan yang diajukan oleh maskapai.

“Tahun ini, ada sekitar 1.158 tambahan penerbangan yang terdiri dari 1.134 penerbangan domestik dan 24 penerbangan internasional. Dengan pengajuan terbesar departure (keberangkatan) dan arrival (tiba) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” terang Awal melalui keterangan resmi, Senin (25/12/2017).

Penerbangan tambahan juga terdapat di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sebanyak 6 kali PP, Bandara Depati Amir Psngkal Pinang sebanyak 3 kali PP, Bandara Internasional Minangkabau 1 kali PP rute internasional, Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang 1 kali PP, Bandara Internasional Supadio Pontianak 4 kali PP.

Sementara itu, pergerakan pesawat mengalami peningkatan sekitar 8 persen dibandingkan tahun lalu yakni dari 12.750 pergerakan pesawat menjadi 13.783, sedangkan untuk extra flight mengalami kenaikan sekitar 25 persen dari 213 penerbangan di tahun lalu menjadi 289 penerbangan.

Meskipun ada peningkatan yang cukup signifikan, ketepatan waktu penerbangan (on time performance) selama masa angkutan natal dan tahun baru kali ini, hingga H-2 sudah mencapai 97,24 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com