Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank of Tokyo Mitshubisi Siap Kuasai 73,8 Persen Saham Bank Danamon

Kompas.com - 27/12/2017, 12:56 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS com - Bank of Tokyo Mitshubisi UFJ Ltd (MUFG) mengumumkan akan segera mengambil alih 73,8 persen saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Pengambilalihan saham tersebut dilakukan melalui tiga tahap dengan membeli saham Danamon yang kini dimiliki oleh Holding BUMN Singapura, Temasek.

Chief Executive Officer (CEO) MUFG wilayah Asia & Oceania Takayoshi Futae mengungkapan, pada tahao awal pihaknya akan membeli 19,9 persen saham di Danamon dengan nilai investasi sebesar Rp 15,875 triliun.

Baca juga : Temasek Lepas 73,8 Persen Saham Bank Danamon ke MUFG

"Investasi strategis ini akan dicapai melalui serangkaian langkah. Setelah seluruh proses selesai, akuisisi strategis tersebut akan menjadikan MUFG sebagai pemegang saham mayoritas di Danamon, dengan total saham sebesar 73,8 persen atau lebih," ujar Futae saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Kemudian, pada tahapan selanjutnya, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan beserta persetujuan terkait lainnya untuk membeli tambahan 20,1 persen saham untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danamon menjadi 40 persen.

Baca juga : OJK: Awal Tahun Depan Sudah Terjadi Kesepakatan Danamon dan MUFG

"Tahap ini diharapkan akan diselesaikan antara kuartal II atau kuartal III di 2018, dengan bergantung pada didapatnya persetujuan-persetujuan tersebut," tambahnya.

Selanjutnya pada tahap ketiga, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di Bank Danamon di atas 40 persen.

"Dengan diselesaikannya tahap ketiga maka kepemilikan final MUFG di Danamon diharapkan menjadi lebih besar dari 73,8 persen," papar Futae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com