Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Kini Hanya Boleh Pakai Pesawat Pribadi, Mengapa?

Kompas.com - 29/12/2017, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money


NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa teknologi Apple kini hanya membolehkan CEO Tim Cook bepergian dengan menggunakan pesawat pribadi, bukan pesawat komersial. Kewajiban ini baik untuk perjalanan dinas maupun pribadi.

Hal ini terlihat dalam dokumen yang dilaporkan kepada regulator. Dalam dokumen tersebut, Apple menyatakan kebijakan itu diimplementasikan mulai tahun 2017.

"Atas kepentingan keamanan dan efisiensi berdasarkan pada profil global kami dan peran Cook sebagai CEO," jelas Apple dalam dokumen kepada Komisi Bursa Efek dan Sekuritas AS seperti dikutip dari CNN Money, Jumat (29/12/2017).

Tidak hanya Cook yang memperoleh fasilitas yang nyaman tersebut. CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Disney Bob Iger juga menggunakan pesawat pribadi untuk semua jenis perjalanan yang sifatnya pribadi, menurut dokumen serupa.

Baca juga : Miliarder George Soros Buang Saham Apple dan Snap, Mengapa?

Untuk tahun fiskal 2017 yang berakhir pada September lalu, tunjangan perjalanan pribadi dengan pesawat pribadi yang diberikan Apple kepada Cook mencapai 93.109 dollar AS atau sekira Rp 1,25 miliar. Biaya perjalanan pribadi dimasukkan ke dalam pendapatan keseluruhan Cook dalam setahun.

Adapun total penghasilan Cook selama tahun 2017 mencapai 12,8 juta dollar AS. Angka tersebut naik hampir 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan gaji dan tunjangan yang diterima Cook adalah dampak dari prestasi Apple yang berhasil mencapai target penjualan tahunan. Laba operasional Apple juga menggembirakan.

Ini berbeda dengan kondisi pada tahun 2016 ketika Cook harus rela gajinya dipotong 15 persen lantaran penjualan iPhone menurun. Selain itu, penjualan tahunan Apple juga merosot untuk pertama kalinya dalam 15 tahun.

Baca juga : Laba Apple Naik 19 Persen

Sejak saat itu, permintaan terhadap produk-produk iPhone terbaru cenderung kuat. Apple pun memperluas divisi layanannya yang lain, seperti Apple Pay, Apple Care, dan konten digital.

Meski demikian, gaji dan tunjangan Cook ternyata relatif lebih rendah ketimbang anggota direksi Apple lainnya. Yang tertinggi adalah kepala operasional ritel Apple Angela Ahrendts yang memperoleh total kompensasi mencapai 24,2 juta dollar AS.

Kompas TV Perusahaan besutan Steve Jobs ini melepas iPhone X secara perdana ke sejumlah negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN Money


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com