Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan IPO, Prima Cakrawala Abadi Resmi Melantai di BEI

Kompas.com - 29/12/2017, 11:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prima Cakrawala Abadi Tbk secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan skema penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Dengan demikian, perseroan resmi melantai di bursa dengan kode emiten PCAR.

Seremoni pencatatan saham pada papan perdagangan di BEI dilakukan hari ini, Jumat (29/12/2017). PCAR adalah emiten ke-37 yang melantai di BEI sepanjang tahun ini dan merupakan emiten ke-566 di BEI.

PCAR adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan dan distribusi rajungan. Perseroan merupakan emiten yang terakhir melantai di BEI pada tahun 2017.

Mengutip laman resmi BEI, jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 466.666.700 lembar saham. Adapun harga penawaran adalah Rp 150 per saham.

Baca juga : Jumlah Perusahaan yang IPO Pengaruhi Penambahan Jumlah Investor

Jumlah saham tersebut setara dengan sekitar 40 persen modal ditempatkan dan disetor setelah IPO. Dengan IPO ini, perseroan bakal meraih dana segar sebesar Rp 72,33 miliar.

Rencana penggunaan dana setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham adalah 71,90 persen digunakan untuk modal kerja. Sementara itu, sisanya atau sekitar 28,10 persen akan digunakan untuk belanja modal perseroan.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Artha Sekuritas Indonesia dan PT Lotus Andalan Sekuritas.

PCAR memproduksi dan menyediakan ranjungan kalengan untuk perusahaan di AS. Total ekspor PCAR ke AS sejak awal tahun hingga Agustus 2017 mencapai 292,2 ton. Adapun ekspor pasa tahun sebelumnya mencapai 271,6 ton. Selain ke AS, PCAR juga mengekspor produk ke Inggris, Bahrain, Singapura, dan Malaysia.

Kompas TV Lebih dari 600 ribu masyarakat telah menjadi investor di Bursa Efek Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com