Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub Diminta Lakukan Razia pada Bus di Tempat Wisata dengan Medan Terjal

Kompas.com - 31/12/2017, 10:36 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Dinas Perhubungan (Dishub) di seluruh Provinsi untuk melakukan razia bus pariwisata yang tidak laik jalan seperti rem tidak berfungsi.

Salah satunya melakukan razia bus di tempat wisata yang mempunyai jalan terjal dan menanjak.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menjelaskan, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya kecelakaan yang terjadi karena bus tidak laik jalan.

"Jadi daerah seperti Puncak Bogor, Subang, Bandungan Semarang kami akan lakukan razia bus pariwisata," ujar dia saat ditemui di Lawang Sewu Semarang, Sabtu (30/12/2017).

Menurut Budi Karya, saat ini sebanyak 30 persen bus pariwisata yang beroperasi masih tidak laik jalan. Karena itu, tambah Budi Karya, penumpang jangan meluapkan rasa amarah kepada petugas Dishub,  jika bus yang ditumpangi tidak diperbolehkan jalan karena tidak laik.

"Kami sudah wanti-wanti kepada operator, jika kendaraan tidak laik iru tidak boleh beroperasi," kata dia.

Budi Karya juga meminta kepada masyarakat untuk tidak menginformasikan berita palsu terkait kecelakaan atau hoax di sosial media. Karena akan merugikan masyarakat yang menggunakan jalan yang diberitakan ada kecelakaan tersebut.

"Soalnya tadi (Sabtu) sore ada hoax bahwa Puncak ada kecelakaan, tetapi pas dicek tidak ada. Nah ini merupakan teror masyarakat dari masyarakat yang tidak bertanggung jawab," pungkas dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com