Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah KPP Capai Penerimaan Pajak di Atas 90 Persen dari Target

Kompas.com - 31/12/2017, 10:54 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Indonesia tercatat telah merampungkan realisasi penerimaan pajak di atas 90 persen dari total penerimaan yang ditargetkan.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mendengarkan laporan hasil kerja KPP yang ditampilkan melalui fitur Instagram Live di akun Instagram miliknya, @smindrawati, baru-baru ini.

Sebanyak 61 KPP hampir mendekati 100 persen, yaitu dari 99 persen sampai 99,9 persen.

Kemudian, Ani juga menyebut ada 18 KPP dengan posisi realisasi penerimaan pajaknya di atas 95 persen hingga 98,9 persen. Lalu disusul dengan 51 KPP dengan realisasi penerimaan pajak mencapai 90 persen hingga 94,9 persen.

"Kebanyakan (KPP) di Pulau Jawa, beberapa daerah ada yang (rampung) 70 persen, 80 persen, dan di atas 90 persen," tutur Ani.

Dia mengapresiasi kinerja KPP dalam mengumpulkan penerimaan sektor perpajakan dari para Wajib Pajak (WP) di wilayahnya masing-masing.

Data mengenai penerimaan pajak masih akan dihitung hingga tahun 2017 berakhir, dan rencananya hasil penerimaan pajak sepanjang tahun ini akan diumumkan langsung oleh Menkeu pada 2 Januari 2018 mendatang.

Berdasarkan data penerimaan pajak per 15 Desember 2017 lalu, didapati sebesar Rp 1.058,4 triliun atau mencapai 82,5 persen dari target APBN-P 2017.

Pertumbuhan tingkat penerimaan dari pajak disebut sangat pesat dari segmen Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi, terutama dari mereka yang dulunya peserta tax amnesty.

Sementara itu dari data Kemenkeu, dua kanwil melewati 100persen dari target, yaitu Kanwil DJP Banten 102,5 persen dan Kanwil DJP Jatim 3 (Malang) 101,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com