Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Jamin Arus Balik Natal dan Tahun 2018 Lancar

Kompas.com - 31/12/2017, 15:33 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Minggu (31/12/2017) kembali melanjutkan peninjauan arus balik liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Kali ini, meninjau arus balik di jalan Pantai Utara (Pantura), Pekalongan.

Sebelum melakukan peninjauan Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) meninjau posko di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Tak berlangsung lama, Menhub langsung menuju ke Pekalongan dengan menggunakan Helikopter. 

Perjalanan dari Semarang menuju Pekalongan ditempuh selama 45 Menit dan mendarat di tol Pemalang-Batang. Setelah mendarat, Menhub langsung meninjau arus lalu lintas dengan jalur darat. 

Pemberhentian pertama Menhub menuju Terminal Pekalongan. Tidak sampai turun ke Terminal Pekalongan Pria Asal Palembang langsung kembali meninjau jalan utama di Pekalongan dan berakhir di Pos Polisi Angkutan Terpadu di dekat alun-alun Pekalongan. 

Baca juga : Menhub: Kalau Penumpang Lihat Bus Tidak Laik, Jangan Dipilih

Setelah melakukan peninjauan Menhub menjamin, arus balik libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 akan berlangsung lancar tanpa kemacetan panjang. 

Sebab, terang dia, mayoritas masyarakat yang berangkat mudik sudah kembali ke rumah asalnya sesudah perayaaan Natal 2017.

"Kita ke Pekalongan karena ingin memastikan nanti kalau mudik balik ke Jawa Barat dan Jakarta lancar. Dan kelihatannya lancar, karena laporan Kakorlantas kalkulasi kendaraan mobil yang ke Jakarta hanya 20 persen," ujar Budi Karya. 

Meski diprediksi lancar, Budi Karya menyarankan agar masyarakat agar balik ke kota pada 2 Januari 2018. Hal ini agar, tidak kepadatan yang terjadi di jalan tol Cikampek. 

"Habis mudik akan aman pulangnya tanggal 2. Soalnya besok diprediksikan puncak arus mudik," kata dia.

Baca juga: Ketika Para Menteri "Ngeband" di Resepsi Putri Mensesneg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com