Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, PLN Jamin Pasokan Listrik Aman

Kompas.com - 31/12/2017, 19:56 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan suplai dan kebutuhan listrik untuk seluruh kegiatan malam pergantian tahun pada Minggu (31/12/2017) aman dan cukup. Hal itu dikarenakan pemakaian listrik saat momen seperti malam pergantian tahun maupun hari besar keagamaan tidak sebesar pada hari kerja biasanya.

"Alhamdulillah situasi kelistrikan di Jakarta dan Banten khususnya, Jawa bagian Barat, sistem Jawa-Bali dalam kondisi aman," kata Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat PT PLN (Persero) Haryanto WS saat ditemui Kompas.com di gedung PLN Disjaya, Jakarta Pusat, Minggu sore.

Haryanto menjelaskan, rata-rata pemakaian listrik untuk pelanggan PLN di Jawa bagian barat per hari sekitar 7.000 megawatt. Sedangkan untuk hari ini, dia memprediksi pemakaian listrik dalam rangka menyambut pergantian tahun tidak akan lebih dari 5.000 megawatt.

"Pada kondisi seperti ini, kalau sebagian besar orang mengkhawatirkan kondisi tersebut, sebetulnya secara sistem jauh lebih ringan dibanding hari-hari biasa karena bebannya turun 25 sampai 30 persen," tutur Haryanto.

Baca juga : BBM dan Listrik Tak Naik, Ada Risiko Pembengkakan Subsidi Energi di 2018

Dia memperkirakan, pemakaian listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya akan kembali normal satu pekan setelah memasuki tahun baru. Pada saat itu, diprediksi kegiatan perkantoran dan sentra industri akan kembali aktif dan membutuhkan listrik seperti biasanya lagi.

Dalam rangka menyambut malam pergantian tahun 2017 ke 2018, sejumlah acara telah disiapkan di Jakarta dan sekitarnya. Beberapa titik kumpul, seperti Bundaran Hotel Indonesia, Monas, hingga Ancol sudah mulai dipadati warga pada Minggu petang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com